beli Emas
Bagikan:

Emas, elemen yang berada pada urutan ke-79 di Tabel Periodik Kimia. Sejak ribuan tahun silam sampai sekarang, segenap lapisan masyarakat selalu tertarik untuk memiliki emas. Bukan hanya karena kilauannya yang memukau, tapi kegunaannya yang terus berkembang. Nah, apa saja alasan orang-orang tertarik untuk beli emas? Begini penjelasannya:

 

  • Perhiasan

 

Menurut National Mining Association, manusia telah menghiasi tubuhnya dengan emas sejak tahun 4000 SM. Beberapa buktinya; jasad wanita dari zaman batu yang ditemukan terkubur di London, mengenakan untaian emas di lehernya;  para Kelt pada abad ke-3 SM yang giginya dipasang implan dari emas; Kaisar Cina yang dikubur bersama kereta emas dan benda berharga lainnya.

Emas memiliki nilai prestise yang lumayan tinggi, selain kilauan cantiknya yang juga menunjang penampilan. Sekiranya hal itulah yang membuat orang-orang di masa lampau berlomba-lomba untuk memiliki perhiasan emas. Ketertarikan tersebut terus berlangsung hingga sekarang, terbukti dari 78 persen suplai emas tahunan di dunia yang digunakan untuk pembuatan perhiasan.

 

 

  • Investasi

 

Emas juga bisa dibeli untuk investasi jangka panjang. Bisa dalam bentuk perhiasan, emas batangan, maupun koin.

Keuntungannya berinvestasi dengan emas yakni tidak terpengaruh inflasi. Bahkan, nilai jualnya cenderung meningkat setiap tahunnya. Selisih harga beli dan harga jual itulah yang menjadi peluang laba. Tidak jarang, tabungan emas dimanfaatkan untuk perencanaan masa depan.

 

 

  • Simbol Kekayaan

 

Tahukah Anda bahwa jaman dahulu kala, orang memakai gigi palsu berwarna emas untuk menunjukan status sosial dan kekayaan yang dimilikinya?

Ketertarikan manusia terhadap gigi emas sudah ada sejak zaman bangsa Kelt. Memang, implan dari logam mulia tersebut membuat senyum seseorang terlihat lebih glamor dan berkesan.

Hingga kini pun emas masih sering digunakan sebagai simbol kekayaan, baik itu dalam wujud perhiasan emas maupun emas batangan. Semakin banyak emas yang dimiliki maka semakin kaya orang tersebut.

 

 

  • Komponen Elektronik

 

Para pengembang elektronik membeli emas untuk komponen dari kabel konektor. Emas dinilai sebagai konduktor yang sangat bagus dan nonreaktif terhadap udara, air, dan subtansi lainnya. Artinya, konduktor dari emas tidak akan berkarat atau memudar warnanya.

 

Setelah menyimak uraian di atas, tidak ada alasan lagi untuk tidak beli emas. Terkhusus untuk Anda sebagai orang awam, alasan pertama dan kedua sangat patut untuk dipertimbangkan. Tampil menarik sekaligus menabung untuk masa depan? Kenapa tidak?