barGold
Bagikan:

Siapa yang tidak kenal emas? Logam mulia yang dalam tabel periodik berlambang Au (Aurum) ini merupakan salah satu dari sekian banyak logam yang sering dipakai sebagai perhiasan selain kristal, berlian, batu ruby, dan yang lainnya. Satu-satunya logam berwarna dasar kuning ini juga memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui. Lantas, apa sajakah fakta unik yang dimiliki emas?

1. Aurum pada Nama Kimia Emas Berarti Sinar Matahari

Nama kimia Au yang disematkan pada emas dalam tabel periodik merupakan singkatan dari Aurum (akar bahasa Latin) yang berarti shining dawn atau glow of sunrise, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti pancaran sinar matahari. Nama ini dipilih karena logam emas memang memiliki kilauan yang sangat indah, seperti korona—lingkaran sinar yang mengelilingi matahari.

2. Emas adalah Logam yang Lentur

Meskipun terkesan solid, emas sesungguhnya merupakan logam yang sangat lentur, lunak, dan mudah ditempa.  Menurut sebuah penelitian, 28 gram emas bisa direntangkan sampai sepanjang 8 kilometer. Saking lenturnya, emas bahkan bisa digunakan sebagai benang sulam untuk membuat kain. Keren, bukan?

3. Kenapa Emas Disebut Logam Mulia?

Seperti halnya platina dan perak, emas merupakan perhiasan yang disebut sebagai logam mulia atau noble metal. Hal ini disebabkan oleh karakter emas yang tidak reaktif dan tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Logam mulia seperti emas tidak mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Emas juga sangat sukar bereaksi dengan asam. Hal inilah yang membuat logam mulia seperti emas memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan logam jenis lain.

4. Perhiasan Emas sudah ada Sejak 4.000 Tahun sebelum Masehi

Penggunaan emas sebagai perhiasan seperti yang umum kita jumpai sekarang ternyata sudah dilakukan sejak lama lho, bahkan sekitar 4.000 tahun sebelum Masehi. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya jasad atau fosil manusia zaman dahulu (sekitar masa Jaman Batu) yang masih menggunakan emas di lehernya.

5. Satuan Karat dalam pengukuran Kadar Emas

Tidak semua perhiasan emas tersusun dari komponen emas murni. Satuan yang dipakai dalam pengukuran kadar emas yang terkandung dalam suatu perhiasan dinamakan karat. Emas murni berarti memiliki kadar 24 karat. Sebaliknya, semakin banyak campuran lain yang ditambahkan saat proses penempaan emas, maka kadar karat dalam perhiasan itu akan semakin menurun.

Baca juga  Tips Investasi Emas: 5 Cara Memantau Harga Emas Hari Ini dengan Benar

6. Emas Dipakai untuk Kosmetik dan Kesehatan

Tidak sebatas pada investasi dan perhiasan, emas ternyata juga banyak dipakai dalam dunia kesehatan sebagai obat. Isotop radioaktif Au-198 yang ditemukan pada emas diketahui bisa menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, emas juga banyak dipakai dalam pembuatan kosmetik.

Nah, itu dia 5 fakta unik dan menarik tentang emas. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang logam mulia yang satu ini ya.

Sudah punya tabungan emas belum? Kalau belum punya saatnya Anda mencoba.