menabung emas untuk dana pensiun
Bagikan:

Kita semua paham, pensiun adalah satu hal yang pasti. Tidak menutup kemungkinan—pensiun juga jadi momok yang ditakuti. Maklum saja, pensiun bukan cuma soal pendapatan yang berkurang. Lebih dari itu, pada masa ini (usia antara 55 – 60 tahun) biasanya tubuh tidak lagi fit; bahkan pada banyak kasus: memerlukan banyak biaya untuk pengobatan. Masalah kemudian muncul: biaya dari mana?

Untuk menyiasatinya, banyak orang akhirnya memanfaatkan dana pensiun—sebagai antisipasi sekaligus cara untuk “mengamankan” masa depan. Beberapa lantas memercayakan seluruh prosesnya pada perusahaan atau justru bank. Dewasa ini kita mengenal beberapa istilah seperti Taspen, Jamsostek, Dana Pensiun, Tabungan Hari Tua, dan masih banyak lagi. Pertanyaannya, apakah itu senantiasa cukup untuk segala kebutuhan di masa tua?

Pada dasarnya, persiapan pensiun adalah satu hal paling penting dalam rencana keuangan. Siapa pun Anda, atau seberapa besar penghasilan Anda; sama-sama perlu untuk memperhitungkan masa tua; terlebih karena masa itu, Anda tidak lagi dapat bekerja secara produktif seperti dahulu. Sayang, pengetahuan tentang masa pensiun yang ada cenderung minim. Banyak pula yang  cuek dan tidak mau tahu. Kalaupun tahu, tidak sedikit pula yang sudah merasa aman dengan manfaat dana pensiun dari kantor/tempat kerja.

Adapun seperti halnya pensiun, inflasi merupakan satu hal yang pasti. Apalagi, harus dipahami, seiring bertambahnya usia, tingkat inflasi ini bisa  jauh lebih tinggi. Salah satu penyebabnya, yakni meningkatnya beberapa pos pengeluaran utama—seperti halnya asuransi kesehatan, pajak, bahan makanan, dan kebutuhan rumah tangga (listrik, air, dsb). Tidak main-main, jumlahnya bahkan bisa jauh lebih tinggi dari inflasi itu sendiri.

Menabung emas sendiri muncul sebagai satu solusi dana pensiun yang layak untuk dipertimbangkan. Beberapa alasan yang mendasarinya, yakni: nilainya yang tidak mudah turun dan bisa dikatakan, tidak terpengaruh inflasi. Dengan kata lain, dalam hal ini, emas juga menjelma sebagai bentuk asuransi, pun investasi keuangan yang melindungi nilai, sekaligus mengurangi risiko jangka panjang, terlebih inflasi.

Baca juga  Apa yang Harus Dilakukan Saat Harga Emas Jatuh?

Jika Anda masih ragu untuk menabung emas sebagai dana pensiun, cobalah simak fakta berikut. Setidaknya, dalam sepuluh tahun terakhir, beberapa sumber mengatakan, nilai emas cenderung unggul ketimbang suku bunga deposito atau justru bursa saham. Adapun mempersiapkan tabungan emas untuk dana pensiun, sejatinya adalah “menyisihkan” tabungan dalam bentuk logam mulia emas batangan. Cara ini, kerap disebut juga dengan istilah: investasi emas.

Memang tidak mudah dan sesederhana kelihatannya. Namun, jika Anda tergolong orang yang visioner; mempersiapkan dana pensiun merupakan satu kewajiban. Apalagi, jika Anda ingin masa pensiun yang lebih indah dan nyaman. Jadi, sedari dini, siapkan diri Anda membuat tabungan emas untuk dana pensiun. Jika perlu, sejak pertama kali Anda mendapatkan gaji. Toh, bukankah hidup berkecukupan dan tidak bergantung lagi pada anak-cucu adalah dambaan setiap orang?