kredit emas
Bagikan:

Siapa yang tidak menginginkan memiliki emas batangan ini untuk menabung dan berinvestasi? Emas memang masih menjadi investasi aman dan bersifat likuid. Saat ini sudah banyak pilihan cara membeli emas yang ditawarkan oleh pegadaian dan beberapa bank.

Selain Anda bisa membeli emas secara tunai, pilihannya adalah kredit emas  serta menabung emas. Tidak perlu bingung menentukan yang paling cocok untuk Anda. Di bawah ini ulasan yang bisa membantu yang mana yang paling sesuai. Yuk, kita simak bersama.

 

  • Membeli Tunai

 

Bagi Anda yang memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli emas ini secara tunai. Anda bisa datang ke gerai Antam atau pegadaian terdekat, dengan membawa identitas diri seperti KTP. Lalu Anda tinggal memilih emas batangan mulai dari 1 gram hingga 100 gram.

Selain itu emas batangan Antam dengan berat di atas 1 gram, akan mendapatkan sertifikat.  Simpan baik-baik kuitansi dan sertifikat emas batangan Anda, karena akan diperlukan saat Anda hendak menjualnya.

Selain itu semakin kecil jumlah gram yang Anda beli ini, semakin mahal harga per gramnya. Namun saat Anda membutuhkan uang, menjual emas batangan dalam jumlah kecil bisa lebih mudah,  dibandingkan emas 100 gram.

 

  • Kredit Emas

 

Lalu bagaimana bila uang Anda tidak mencukupi untuk membeli emas? Jangan khawatir, saat ini pegadaian memiliki program yang disebut MULIA. Program ini menawarkan pembelian emas batangan, melalui kredit atau angsuran dengan jangka waktu yang fleksibel.Pembelian emas batangan dengan sistem kredit emas ini bisa Anda pilih untuk kepentingan di masa depan.

Pembeli umum dikenakan uang muka 15%, bagi pembeli kolektif 10%, sedangkan peserta arisan bisa memilih salah satunya. Emas batangan yang bisa Anda beli bervariasi, mulai dari 5 gram hingga 100 gram. Jangka waktu yang tersedia untuk kredit ini mulai dari satu bulan hingga 36 bulan. Pola pembayaran angsuran bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda dan untuk biaya administrasi Anda dikenai Rp50000,00.

Baca juga  Investasi Emas atau Properti, Mana yang Lebih Baik?

Selain pegadaian dengan program MULIA ini, banyak bank baik konvensional maupun syariah menawarkan kredit emas. Oleh karenanya kita bisa membeli emas dengan dana terbatas dengan sarana penyimpanan yang aman.

 

  • Menabung Emas

 

Bagaimana dengan tabungan emas?  Pegadaian menawarkan tabungan emas ini yaitu layanan penjualan dan pembelian emas dengan biaya titip yang terjangkau. Proses pembelian emas ini bisa dimulai dengan kelipatan 0,01 gram atau Rp5560,00 (harga saat ini) dengan minimal saldo 0,1 gram.

Anda bisa menabung emas ini tanpa uang muka, bisa menabung kapan saja dengan jangka waktu yang fleksibel. Anda juga dikenakan biaya administrasi dan uang penitipan emas.

Tabungan ini dapat dijaminkan ke pihak Pegadaian setelah mencapai nilai tertentu dan telah dicetak dalam bentuk emas. Perlu diketahui bahwa emas baru bisa dicetak hanya jika sudah mencapai jumlah keping 5 gram. Anda juga dikenakan biaya cetak jika ingin memiliki emas ini secara fisik. Selanjutnya penjaminan emas ke Pegadaian akan disesuaikan dengan kurs jual beli yang berlaku.

 

 

Kredit emas cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap, karena Anda harus disiplin membayar cicilan sesuai perjanjian. Sedangkan tabungan emas lebih cocok bagi Anda yang ingin lebih fleksibel dalam mengumpulkan dana untuk mendapatkan emas, karena menabung emas ini bisa dalam jumlah berapa saja. Jadi mana yang lebih cocok buat Anda?