Bagikan:

Anda mungkin mengenal emas sebagai bahan perhiasan atau produk investasi. Namun, manfaat emas ternyata lebih dari itu. Logam mulia ini memang telah berabad-abad digunakan sebagai dekorasi, perhiasan, dan alat tukar. Akan tetapi, perkembangan teknologi berhasil menemukan berbagai cara baru bagi manusia untuk memanfaatkan emas, termasuk dalam bidang industri.

Karakteristik khusus emas bukan hanya kilaunya, tetapi juga sifat-sifat seperti tidak mudah cacat serta mudah dibentuk. Emas biasanya dicampur dengan logam lain dalam pengolahannya, sebelum akhirnya dibentuk menjadi lembaran, batang, koin, kabel, serat, serpihan, dan lain sebagainya. Hal ini membuka lebih banyak alternatif untuk memanfaatkan logam mulia tersebut.

5 Manfaat Emas dalam Berbagai Industri

Penasaran apa saja kontribusi emas dalam kehidupan Anda sehari-hari? Berikut 5 jenis manfaat emas yang paling umum ditemukan dalam berbagai industri di luar keuangan:

  • Konduktor dalam Ponsel Pintar
    Emas banyak digunakan dalam industri pembuatan ponsel karena merupakan konduktor ideal. Emas juga tidak mudah berkarat, sehingga cocok untuk membuat barang-barang elektronik “cerdas” yang memiliki banyak fungsi canggih. Selain ponsel, emas juga digunakan dalam industri pembuatan GPS, PDA, kalkulator canggih, dan sejenisnya.
  • Penambal Gigi
    Emas merupakan salah satu logam ideal untuk mengisi tambalan gigi. Walau harganya mungkin agak mahal, manfaat emas sebagai tambalan jauh melebihi harganya. Selain tidak berkarat, emas juga tidak mudah terlarut dan tertelan, serta cocok untuk Anda yang mudah mengalami reaksi alergi terhadap jenis-jenis logam tertentu.
  • Pemantul Radiasi Sinar Matahari dalam Kaca
    Emas kerap dicampurkan ke dalam bahan pembuatan kaca khusus, mulai dari kaca tebal di gedung-gedung bertingkat, hingga pelindung helm astronaut. Dari segi estetis, campuran sedikit emas dalam kaca gedung bertingkat akan menghasilkan rona warna yang kaya. Manfaat lainnya yang penting adalah sebagai pemantul radiasi sinar matahari. Selain menjaga gedung tetap sejuk, kaca yang dicampur emas ini juga membantu melindungi mata serta kulit astronaut saat di luar angkasa.
  • Pelapis Bangunan
    Penggunaan emas sebagai pelapis bangunan telah populer sejak dulu, dan buktinya terlihat dari berbagai bangunan bersejarah dengan ornamen atau lapisan emas. Selain menambah keindahan, lapisan emas juga membuat bangunan tampak indah lebih lama, karena sifatnya yang tidak mudah berubah warna atau cacat. Sifat emas yang mudah dibentuk juga membuatnya ideal untuk melapisi bangunan yang memiliki banyak detail dalam strukturnya.
  • Bahan Sirkuit dan Pelumas untuk Kendaraan Luar Angkasa
    NASA menggunakan emas untuk berbagai elemen pada pesawat luar angkasa. Lapisan pada permukaan pesawat luar angkasa menggunakan emas untuk menangkal radiasi berlebihan. Emas juga digunakan dalam sirkuit berbagai mesin di dalam pesawat luar angkasa, karena sifatnya sebagai konduktor yang baik serta antikarat.
Baca juga  Beragam Cara Mendapatkan Keuntungan dari Emas

Manfaat emas bukan hanya sebagai produk investasi atau alat tukar. Berbagai kegunaan emas di atas merupakan bukti keistimewaan logam mulia ini. Seperti kutipan James Blakeley:

Emas itu abadi. Indah, berguna, dan tidak pernah memudar. Tidak heran emas begitu dihargai di atas segalanya.