manfaat arisan
Bagikan:

Arisan bukan hanya urusan ibu-ibu saja. Pada beberapa kasus, arisan juga boleh dilakukan oleh berbagai kalangan, termasuk laki-laki atau remaja. Kegiatan arisan adalah kegiatan yang berhubungan dengan persepakatan antara beberapa orang. Orang-orang ini berkomitmen untuk mengumpulkan sejumlah uang dan memberikannya kepada orang tertentu yang beruntung mendapatkannya pada periode tersebut.

Berikut beberapa manfaat arisan yang bisa Anda dapatkan.

  1. Belajar Menabung

Apakah Anda selalu kesulitan menyisihkan sejumlah uang setiap bulan? Nah, dengan mengikuti arisan, Anda akan dipaksa untuk melakukannya. Arisan adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi sehingga Anda tidak boleh mangkir atau bahkan lupa. Bagaimanapun caranya, cicilan per bulan harus dipenuhi.

  1. Sarana untuk Bersosialisasi

Pada umumnya, orang-orang yang ikut arisan akan berkumpul untuk menarik nomor atau peserta yang berhak mendapatkan uang tersebut. Pada acara ini biasanya disisipkan kegiatan lain, seperti makan bareng atau kegiatan santai lainnya. Arisan yang biasanya diadakan secara terjadwal akan membuat Anda memiliki waktu dan wadah untuk bersosialisasi dengan orang lain.

  1. Ada Kesempatan Belajar dan Berbisnis

Pada saat arisan, para peserta biasanya memiliki waktu untuk saling mengobrol. Jika masing-masing peserta arisan berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, berbagi pendapat adalah salah satu cara untuk mempelajari hal-hal lain. Melalui berbagai pengalaman orang-orang yang ikut arisan tersebut, Anda juga bisa mendapatkan hal-hal positif.

Selain itu, manfaat arisan lainnya bisa merujuk ke ranah bisnis. Pada saat arisan, Anda bisa mempresentasikan sekaligus mempromosikan produk-produk yang Anda miliki atau jual.

  1. Menghilangkan Rasa Jenuh

Manfaat arisan yang lain adalah bisa menghilangkan rasa jenuh. Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga atau karyawan yang kegiatannya hanya itu-itu saja, mengikuti kegiatan arisan adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh. Sisihkan sedikit waktu untuk berkumpul bersama teman dan berbicaralah tentang hal-hal yang santai, seperti hobi, hiburan, dan sebagainya.

Baca juga  4 Inspirasi Mahar Emas Unik yang Bisa Jadi Investasi

Rasa jenuh yang tidak segera dihilangkan akan mengakibatkan perasaan tidak bersemangat. Jika Anda segar kembali, mengerjakan sesuatu pun bisa menjadi lebih maksimal.

  1. Belajar Berkomitmen

Anda tidak bisa ikut arisan lalu berhenti di tengah jalan. Kegiatan ini adalah salah satu cara untuk melatih komitmen Anda, terutama dalam hal keuangan. Dengan mengikuti arisan, Anda mau tidak mau perlu menyisihkan anggaran untuk membayar kewajiban sesuai jangka waktu dan jumlah yang ditetapkan. Jika tidak bisa, Anda mungkin akan mendapatkan teguran dari anggota kelompok lain.

  1. Membangun Kesatuan

Tidak ada sebuah perkumpulan yang bisa lancar jika tidak ada kesatuan di dalamnya. Pendapat bisa berbeda-beda, tetapi mencari solusi yang bisa menguntungkan semua orang adalah hal yang perlu dikejar. Dengan mengikuti arisan, Anda bisa belajar membangun kesatuan.

Nah, demikianlah beberapa manfaat arisan yang bisa Anda petik. Cukup menguntungkan, bukan?

Ingin arisan yang luar biasa dan lebih untung? Cobain Arisan Emas Pegadaian, keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan di halaman produk MULIA Arisan.