kisah Nyata tentang harta karun emas di dunia
Bagikan:

Sejak zaman dahulu, masyarakat sudah banyak menggunakan emas untuk perhiasan, aksesori, perlengkapan rumah tangga, serta ornamen bangunan. Emas dipilih karena selain bernilai tinggi, bahannya pun bisa tahan lama. Hal itu terbukti dari banyaknya penemuan harta karun emas di dunia yang masih dalam kondisi bagus meskipun usianya sudah ratusan bahkan ribuan tahun.

Beberapa uraian singkat berikut ini merupakan kisah nyata tentang penemuan harta karun emas di dunia.

  • Harta Karun Bawah Laut di Florida

Tanggal 4 September 1622, sebuah kapal bernama Nuestra Senora de Atocha yang mengangkut berbagai jenis perhiasan berlayar bersama 19 kapal lain menuju ke Spanyol. Dalam perjalanan memasuki Florida, rombongan kapal yang berangkat dari Pelabuhan Havana Kuba tersebut diterjang badai sehingga menyebabkan 8 kapal tenggelam ke dasar laut. Salah satu kapal yang ikut tenggelam adalah kapal Nuestra Senora de Atocha.

Pada tahun 1985, seorang penyelam bernama Mel Fisher berhasil menemukan harta yang tenggelam bersama kapal. Saat ini, seluruh harta karun tersebut disimpan di Museum Mel Fisher, Florida.

  • Mahkota Emas di Stonehenge, Inggris

Di sebuah pemakaman kuno yang terletak di wilayah Stonehenge, atau yang kini dikenal sebagai Bush Barrow, seorang arkeolog bernama William Cunnington berhasil menemukan mahkota emas milik Raja Stonehenge. Benda yang ditemukan pada tahun 1808 tersebut terikat pada sebuah jubah raja. Selain itu, ditemukan juga sebuah belati berornamen emas dengan desain yang cukup rumit.

  • Topeng Emas di Kolombia

Sekitar bulan Oktober sampai Desember 1992, terdapat sebuah peristiwa yang dikenal sebagai Malagana Gold Rush (serbuan emas Malagana) di Malagana, Kolombia. Peristiwa tersebut bermula ketika seorang petani yang sedang menggarap ladang tebunya dengan traktor melihat sebuah benda yang tampak bersinar. Setelah diambil, ternyata benda tersebut adalah sebuah topeng emas.

Baca juga  Investasi Emas untuk Anak Muda dan Keuntungannya

Sejak saat itu, ribuan orang menyerbu area tersebut untuk mencari harta karun emas sebanyak-banyaknya. Hasil jarahan emas tersebut langsung mereka jual kepada para kolektor. Setelah itu, pihak museum segera mengamankan daerah tersebut dan menebus emas-emas dari para penjarah.

  • Harta Karun Emas Anglo Saxon

Hanya berbekal alat pendeteksi logam (metal detector), seorang pemburu harta amatir bernama Terry Herbert berhasil menemukan harta karun emas peninggalan Anglo Saxon. Pencarian yang dilakukan pada 5 Juli 2009 tersebut menghasilkan temuan sebanyak 3.500 benda, dengan total berat 1,3 kilogram perak dan 5 kilogram emas. Saat ini, seluruh harta karun yang menyimpan sejarah besar tersebut telah diamankan di Museum dan Galeri Seni Birmingham.

  • Harta Karun Emas di Pemakaman

Sebuah area pemakaman kuno berusia sekitar 7.000 tahun di Bulgaria ditemukan oleh Raycho Marinov pada Oktober 1972 lalu. Di salah satu makam, Marinov dan timnya mendapati kerangka tubuh pria yang dipenuhi dengan emas. Setelah dilakukan penggalian pada lebih dari 300 makam, mereka berhasil mengumpulkan lebih dari 3000 benda berbahan emas, yang mencapai berat total 6 kilogram.

Emas-emas tersebut diduga sebagai peninggalan Masyarakat Varna yang tinggal di sekitar Laut Hitam, Bulgaria. Pasalnya, pada zaman dahulu, masyarakat tersebut dikenal sebagai pengrajin emas.

Itulah beberapa kisah nyata tentang perburuan harta karun emas dari berbagai belahan dunia. Sampai saat ini, masih banyak orang yang gemar berburu emas karena harganya yang mahal.