Bagikan:

Menabung sudah menjadi kegiatan yang diajarkan sejak kecil oleh orang tua kita. Bahkan, ada lagu anak-anak Indonesia yang mengajarkan kita untuk menabung. Memang banyak keuntungan yang didapat dengan menabung, mulai dari membeli keperluan sehari-hari, membantu keluarga, atau untuk tujuan tertentu seperti membeli barang yang diidam-idamkan hingga jalan-jalan ke suatu tempat.

Menabung pun sangat penting sebagai aset ketika kita dihadapkan dengan berbagai situasi yang tidak terduga, seperti memperbaiki rumah yang rusak, mengembangkan usaha, biaya pengobatan untuk diri sendiri atau keluarga, dan biaya tak terduga lainnya. Bisa dikatakan hidup menjadi lebih tenang jika kita punya tabungan. Bayangkan jika Anda tidak memiliki tabungan dan menghadapi situasi yang tidak diinginkan, pasti Anda kebingungan untuk menyelesaikannya.

Menabung pun tidak harus banyak, seperti pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit”. Karena berapa pun nominalnya, jika dilakukan dengan rutin maka hasil tabungan Anda tidak akan terduga. Menabung juga tidak melulu dengan menggunakan uang, karena saat ini Anda bisa menabung dengan emas.

Sistem menabung emas sama dengan menabung menggunakan uang, yaitu menyetorkan uang dengan jumlah tertentu. Bedanya, dalam menabung emas, nominal uang yang disetorkan akan dikonversikan ke dalam bentuk gram emas.

Jenis Tabungan Emas di Pegadaian

Ternyata, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menabung emas. Sambil menabung, kita bisa sambil berinvestasi. Menabung emas pun dinilai lebih menguntungkan dibandingkan menabung uang, karena nilai emas tidak terpengaruh inflasi seperti halnya mata uang. Karena adanya inflasi, nominal uang yang Anda tabungkan bisa menurun jumlahnya. Berbeda jika Anda menabung emas, yang justru akan membuat nilainya bertambah.

Pegadaian dikenal sebagai BUMN yang bergerak di bidang keuangan yaitu memberikan layanan pembiayaan kepada nasabah dengan sistem gadai. Tidak hanya layanan pembiayaan, Pegadaian juga menyediakan layanan tabungan emas melalui Tabungan Emas Pegadaian.

Baca juga  Istilah-Istilah Dalam Investasi Emas yang Harus Anda Tahu

 Tabungan Emas Pegadaian merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan. Artinya, nasabah menabung uang dan dalam prosesnya mengalami konversi ke dalam bentuk gram emas. Nantinya, nominal emas tersebut dititipkan ke Pegadaian dan setelah mencapai jumlah tertentu bisa Anda ambil emasnya.

Tabungan Emas bisa menjadi alternatif investasi Anda ketika membeli emas dirasa cukup sulit. Dengan menyetorkan uang mulai dari Rp 5.000-an, Anda sudah bisa memiliki emas dengan berat 0.01 gram. Untuk membuka Tabungan Emas Pegadaian, Anda bisa datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat dengan melampirkan fotokopi identitas diri baik itu KTP/SIM/paspor yang masih berlaku. Setelah itu, Anda mengisi formulir pembukaan rekening. Persiapkan uang lebih dari rumah, karena Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp 30.000. Setelah pengisian formulir selesai, Anda bisa menentukan berat emas untuk tabungan Anda yang dimulai dengan kelipatan 0.01 gram.

Uang pembelian emas ini dikonversi menjadi emas sampai dengan 4 digit di belakang koma. Atas selisihnya dikelola sebagai Dana Kepedulian Sosial atau Dana Kebijakan Umat. Adapun minimal jumlah saldo dalam tabungan Anda yaitu 0.1 gram. Jika suatu saat Anda ingin mencetak emas, pilihan order cetak tersedia dengan berbagai pilihan keping, mulai dari 1gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, hingga 100gr.

Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

1. Lokasi yang Mudah Dijangkau

Pegadaian memiliki sekitar 4.000-an kantor cabang di seluruh Indonesia. Banyaknya kantor cabang yang tersebar akan memberi kemudahan bagi Anda yang ingin berinvestasi emas.

2. Harga yang Terjangkau

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pegadaian ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk berinvestasi emas. Dimulai dengan harga Rp 5.000-an, Anda sudah memiliki Tabungan Emas dengan berat 0.01 gram.

Baca juga  Pilih Jual Emas atau Gadai Emas? Berikut Perbandingannya

3. Layanan yang Profesional dan Keamanan yang Terjamin

Emas Anda dijamin aman karena diasuransikan oleh Pegadaian dengan layanan yang profesional sehingga emas Anda akan terlindungi.

4. Kemudahan Top Up Saldo

Bagi Anda yang ingin melakukan top up saldo Tabungan Emas bisa dilakukan secara online melalui channel perbankan.

5. Mudah Dicairkan

Bagian yang menarik dari Tabungan Emas adalah sifatnya yang mudah dicairkan, mengingat emas sebagai instrumen investasi yang memang mudah dicairkan. Dengan proses yang mudah dan cepat, Anda bisa dengan mudah mencairkan saldo Tabungan Emas untuk keperluan mendesak.

Berbicara mengenai Tabungan Emas sebagai bentuk dari investasi emas, Pegadaian juga menyediakan layanan investasi emas lainnya. Layanan investasi emas ini tersedia dalam produk Mulia Pegadaian. Produk Mulia ini dibagi menjadi 4 (empat) jenis, yaitu Mulia Tunai, Mulia Arisan, Mulia Kolektif, dan Mulia Personal.

Mulia Tunai

Layanan emas Mulia Tunai bisa menjadi alternatif investasi emas yang bisa didapatkan dengan transaksi secara tunai. Anda bisa memulai berinvestasi sesuai dengan dana yang Anda miliki dengan tawaran emas batangan bersertifikat mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Syarat untuk melakukan transaski Mulia Tunai adalah memiliki kartu identitas yang berlaku (KTP/SIM/Paspor) dan mendatangai outlet Pegadaian Galeri 24 dengan membayar nilai logam mulia yang akan dibeli.

Mulia Arisan

Sekarang Anda bisa berinvestasi emas bersama dengan teman arisan melalui produk Mulia Arisan. Mulia Arisan merupakan layanan investasi emas batangan secara angsuran untuk kelompok arisan dengan harga yang pasti dan tidak dipengaruhi fluktuasi harga emas. Pilihan investasinya mulai dari 1 gram sampai dengan 1 kilogram dengan pilihan waktu pembiayaan hingga 36 bulan. Untuk mengajukan investasi emas melalui Mulia Arisan, pembayaran uang muka dimulai dari 10%. Adapun penetapan harganya dilakukan di awal arisan. Untuk mengajukannya, kelompok arisan Anda harus beranggota minimal 6 orang dan menyerahkan identitas asli masing-masing anggota.

Baca juga  Ternyata Emas Punya Fungsi Seperti Ini. Tidak Disangka!

Mulia Kolektif

Anda juga bisa mengajak komunitas Anda untuk berinvestasi emas melalui produk Mulia Kolektif. Di sini, Anda bisa berinvestasi emas mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram dengan pembayaran uang muka mulai dari 10%. Sama seperti Mulia Arisan, pilihan waktu pembiayaan produk ini hingga 36 bulan dan komunitas beranggota minimal 6 orang. Untuk mengajukan Mulia Kolektif, Anda harus menyerahkan fotokopi identitas masing-masing anggota yang masih berlaku dan menandatangani akad yang dilakukan per orang.

Mulia Personal

Bagi Anda yang ingin mengangsur emas secara perorangan, produk yang bisa dipilih adalah Mulia Personal dengan pilihan investasi mulai dari 1 gram sampai dengan 1 kilogram dengan uang muka mulai dari 20%. Adapun pilihan waktu pembiayaan produk ini mulaki dari 3, 6, 12, 18, 24, dan 36 bulan. Untuk berinvestasi melalui Mulia Personal, Anda bisa langsung datang ke outlet Pegadaian terdekat dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku.

Jenis tabungan di Pegadaian ada  Tabungan Emas dan bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam bentuk emas. Dengan persyaratan yang mudah dan berbagai keuntungan yang didapatkan, rasanya tidak perlu ragu lagi untuk memiliki emas. Selain Tabungan Emas, Pegadaian juga memberikan kesempatan kepada Anda untuk berinvestasi emas melalui ragam produk Mulia yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selamat berinvestasi emas, Sahabat!