Bagikan:

Investasi menjadi salah satu sarana yang kerap dipilih untuk menata masa depan. Dari sekian banyak pilihan, investasi emas perhiasan dan emas batangan menjadi favorit masyarakat. Alasannya pun beragam. Namun, yang pasti emas memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan jenis investasi lain.

Memilih Investasi Emas Perhiasan dan Emas Batangan

Ada alasan mengapa orang-orang memilih emas sebagai barang simpanan, yaitu:

  1. Mudah diperoleh dan mudah diuangkan. Emas bisa diperoleh di toko emas ataupun lembaga perbankan terdekat. Selain itu, lokasi penjualannya juga mudah ditemukan. Baik di desa ataupun kota.
  2. Harga emas cenderung naik. Alasannya, karena tingkat inflasi di Indonesia yang sangat tinggi. Tak menutup kemungkinan harga emas beberapa tahun mendatang berada di angka Rp900 ribu per gram.
  3. Emas bisa digunakan sebagai jaminan. Alih-alih menjualnya, Anda bisa memilih untuk memanfaatkan emas sebagai jaminan dalam mengajukan pinjaman. Uang bisa diperoleh, emas pun tetap ada di tangan.

Namun, ada hal yang kerap membuat bingung masyarakat saat memilih investasi emas. Kebingungan tersebut adalah, menentukan pilihan antara menyimpan emas dalam bentuk perhiasan atau batangan. Namun, Anda tidak perlu risau saat memilih antara kedua opsi tersebut. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Investasi emas dalam bentuk perhiasan ataupun batangan, punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas dalam Bentuk Perhiasan

Saat memilih emas dalam bentuk perhiasan, kelebihan yang bisa diperoleh antara lain adalah:

  • Sekaligus dipakai untuk mempercantik penampilan
    Selain sebagai barang simpanan, perhiasan dapat pula digunakan untuk mempercantik penampilan. Bisa digunakan saat ke pesta atau berbagai acara lain.
  • Tersedia beragam pilihan di pasaran
    Perhiasan bisa ditemukan di pasaran dalam berbagai bentuk. Mulai dari cincin, kalung, hingga anting-anting.
    Sementara itu, Anda juga harus mempertimbangkan kekurangannya saat menyimpan emas berupa perhiasan.
Baca juga  Tips Investasi Emas: 5 Cara Memantau Harga Emas Hari Ini dengan Benar

Kekurangannya antara lain adalah:

  • Nilai jual yang rendah
    Perhiasan cenderung memiliki nilai jual yang lebih rendah. Apalagi, nilai perhiasan dipengaruhi oleh biaya pembuatannya yang tak murah.
  • Butuh perawatan khusus
    Perhiasan juga perlu perawatan yang cermat. Kalau tidak, perhiasan bisa rusak atau terlihat kusam. Dan, hal ini pun berdampak langsung pada nilai jual perhiasan.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Batangan

Banyak yang berpendapat kalau emas batangan lebih cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dibandingkan perhiasan. Meski begitu, emas batangan juga memiliki plus minusnya. Berikut ini adalah kelebihan menyimpan emas batangan:

  • Harga jual cenderung lebih tinggi
    Dibandingkan dengan perhiasan, emas batangan memang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Alasannya, karena emas batangan tidak memerlukan biaya desain seperti yang dijumpai pada perhiasan.

Sementara itu, ada pula beberapa kekurangan yang patut Anda perhatikan saat memilih menyimpan emas batangan.

  • Membutuhkan tempat penyimpanan khusus
    Emas batangan kerap membutuhkan sarana penyimpanan khusus. Apalagi, kalau Anda memiliki emas dalam jumlah yang banyak.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas batangan, Sahabat Pegadaian menawarkan layanan MULIA Tunai sebagai layanan investasi emas batangan secara tunai dengan cara tepat dan emas langsung diterima oleh pembeli. Para nasabah bisa melakukan pembelian tunai di lebih dari 629 outlet Galeri 24. Nantinya, pembelian akan mendapatkan emas bersertifikat dan memiliki peluang menambah keuntungan investasi dengan metode konsinyasi. Nasabah pun bisa memilih varian investasi emas, mulai dari 1 gram sampai dengan 1 kilogram.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas, Anda pun bisa memilih jenis investasi emas yang sesuai dengan kebutuhan, apakah itu investasi emas perhiasan atau emas batangan. Selamat berinvestasi!

Baca juga  Beragam Cara Mendapatkan Keuntungan dari Emas