istilah dalam investasi emas
Bagikan:

Pernah bingung saat menemui istilah dalam investasi emas yang tidak Anda kenal? Sebelum melakukan investasi emas, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dulu kata-kata yang seringkali digunakan dalam ranah investasi emas. Pengetahuan dasar ini sangat penting untuk Anda ketahui.

Berikut rangkuman istilah dalam investasi emas yang dapat menambah pengetahuan Anda.

  • Bullion

Bullion adalah istilah untuk menyebut emas atau perak murni yang berwujud batang atau koin yang digunakan sebagai aset investasi.

  • Commodity Exchange (COMEX)

COMEX adalah salah satu divisi bursa komoditas New York yang menjadi bursa perdagangan komoditas berjangka paling terkenal di dunia untuk emas, perak, tembaga, dan aluminium. Selain COMEX, bursa perdagangan emas internasional lainnya adalah Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) atau London Metal Exchange (LME).

  • Grade (Peringkat Emas)

Dalam perdagangan logam berharga, grade menunjukkan tingkat kemurnian atau kualitas barang yang dipesan dalam kontrak berjangka. Setiap bursa emas di dunia memiliki jenis produk yang berbeda. Tergantung pada kualitasnya, maka harga akan berbeda. Grade juga penting dalam perdagangan komoditas agrikultura seperti beras, gandum, kedelai, dan lain-lain.

  • Karat

Karat memiliki singkatan kt atau ct. Karat digunakan untuk mengukur kemurnian emas. Skala yang digunakan mencapai 24, dengan 24 karat menunjukkan emas murni.

 

Rumus pengukuran karat emas:

X= 24(Mg/Mm)

 

Di mana:

X = peringkat karat

Mg = Massa emas murni dalam satu barang

Mm = Massa keseluruhan suatu barang

  • Troy Ounce (Troy Ons)

Troy ons adalah satuan pengukur berat logam berharga yang banyak digunakan saat ini. Ukuran ini berlaku untuk emas batangan ataupun koin. Satu troy ons sama dengan 31.1034768 gram.

  • Gold Reserve (Cadangan Emas)

Cadangan emas adalah jumlah emas bullion yang disimpan dalam bank sentral atau kas negara. Cadangan emas berperan dalam penerbitan uang dan obligasi.

  • Pool Account
Baca juga  Investasi Emas? Bisa Dilakukan Sedini Mungkin!

Pool account adalah istilah yang digunakan dalam pembelian emas oleh pelanggan, tapi emas tersebut disimpan di dealer atau toko yang menyediakan pool account.

  • Dinar

Dinar adalah koin emas yang memiliki berat 22 karat dengan berat 4.25 gram.

  • Dirham

Dirham adalah koin perak murni yang memiliki berat 2.975 gram.

  • Emas Lantakan

Emas lantakan merupakan nama lain dari emas batangan.

  • Fineness

Fineness merupakan istilah yang mengacu pada kemurnian emas. Emas batangan 24 karat yang diproduksi Antam memiliki kemurnian hingga 999.9%.

  • Kitco

Kitco adalah perusahaan yang tidak hanya berbisnis emas, melainkan juga sebagai tempat yang digunakan untuk mencari informasi mengenai logam mulia.

  • London Gold Fix

Istilah ini digunakan sebagai patokan untuk jual beli emas yang muncul sampai dua kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan harga emas berubah setiap saat mengikuti nilai mata uang dolar. Sehingga dibutuhkan harga tetap untuk melakukan jual beli.

Setelah Anda mengetahui istilah istilah dalam investasi emas, Anda perlu memilih lembaga keuangan mana yang cocok dengan keinginan Anda untuk melakukan investasi. Pastikan Anda memilih Pegadaian, karena Pegadaian menyediakan layanan jual beli emas batangan dengan harga kompetitif, baik secara kredit maupun tunai. Selamat berinvestasi emas!