Bagikan:

Investasi merupakan aset masa depan yang harus dibangun sedini mungkin. Semakin cepat membangunnya, peluang untuk menggapai kehidupan sejahtera kian dekat. Harta tidak habis sekejap mata dan kebutuhan tetap terjamin sampai hari tua. Karena itu, anak muda harus mulai menanamkan modal secara bertahap dari sisa penghasilannya. Apalagi sekarang banyak investasi untuk anak muda yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda. Salah satu investasi abadi dan tak lekang oleh pergantian zaman adalah emas. Meskipun telah memasuki era teknologi canggih, emas tetap bernilai. Apa saja keuntungan investasi emas untuk anak muda?

1. Emas Bisa Dijadikan Sumber Keuangan Darurat di Masa Depan
Masalah finansial bisa terjadi kapan pun. Ketika itu, Anda pasti memerlukan dana tambahan. Terlebih jika kebutuhannya sangat mendesak, tentu harus mendapatkannya dengan cepat. Semua itu tidak perlu diresahkan jika Anda berinvestasi emas. Pasalnya, emas mudah dicairkan menjadi uang. Prosesnya dapat dilakukan di Pegadaian atau toko emas. Selain itu, tak butuh waktu lama untuk menunggu pencairannya.

2. Risikonya Kecil
Sering kali suatu negara dilanda inflasi. Harga barang menjadi mahal dan nilai mata uang rupiah menurun. Namun, hal ini tidak berlaku untuk emas. Harganya tetap stabil meskipun terjadi krisis ekonomi. Bahkan, nilai tukarnya cenderung naik setiap tahun. Kebijakan pemerintah pun tidak bisa memengaruhi harga emas sehingga risiko kerugiannya sangat kecil.

3. Nilai Emas Tidak Berkurang Meskipun Bentuknya Berubah
Emas dapat diubah menjadi perhiasan, seperti gelang, kalung, cincin, dan anting. Namun, kadar emasnya tetap sama. Artinya, ketika dijual, harga yang didapatkan senilai dengan bentuk sebelumnya. Harga emas bisa bertambah jika perubahan bentuknya disertai penambahan unsur lain. Sebagai contoh, Anda membuat perhiasan kalung emas yang dikombinasikan dengan mutiara. Semula, harganya hanya Rp600.000. Setelah ditambahkan mutiara, menjadi Rp4.000.000. Karena itulah, investasi emas untuk anak muda sangatlah cocok.

Baca juga  Tips dan Cara Membuka Rekening Tabungan Emas di Pegadaian

4. Modalnya Fleksibel, Tergantung Penghasilan Anda
Saat ini, harga emas perhiasan sekitar Rp500.000-an per gram. Ini artinya, tak perlu menunggu berpenghasilan puluhan juta untuk berinvestasi emas. Di samping itu, pembelian emas bisa dilakukan secara bertahap setiap bulan dengan pembayaran tunai. Jika belum mampu, Anda bisa mencicilnya di lembaga jual beli emas.

5. Pajaknya Ringan
Sebelum tahun 2015, emas batangan atau koin tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Pasalnya, benda ini dianggap sebagai bahan baku perhiasan. Namun, sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 107/PMK.010/2015, transaksi emas batangan dikenai Pajak Penghasilan (PPh). Meski demikian, nilai pajaknya lebih ringan daripada jenis investasi lainnya. Berdasarkan peraturan tersebut, PPh untuk emas batangan sekitar 0,45%. Jumlah ini mutlak diberlakukan pada kegiatan jual beli dengan masyarakat umum. Pajak emas tidak berlaku jika kegiatan impor atau pembeliannya untuk tujuan ekspor.

Itulah mengapa investasi emas untuk anak muda pasti aman dan menguntungkan. Jika sejak hari ini Anda menabung satu gram emas senilai Rp550.000, lima tahun lagi harganya bisa naik menjadi Rp1.000.000.

Selain itu, Sahabat Pegadaian juga menyediakan produk Emasku, yang mana investasi emas yang cocok bagi mereka yang berjiwa muda. Mulai dari uang muka mulia sebesar Rp150.000, Anda bisa berinvestasi di layanan Emasku dan mendapat keuntungan tambahan berupa perlindungan asuransi. Tertarik?