investasi-emas-atau-properti-mana-yang-lebih-baik
Bagikan:

Investasi Emas dan investasi properti memang populer di kalangan masyarakat bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Namun manakah yang lebih cocok untuk Anda?

Saat ini, kesadaran akan pentingnya hari depan sudah mulai tertanam di benak banyak orang. Demi masa depan yang nyaman, mereka pun sudah mempersiapkannya dengan cukup matang, salah satunya adalah dengan berinvestasi.
Ya, berinvestasi memang banyak sekali ragamnya. Tidak hanya berwujud uang, invetasi juga bisa berupa barang, antara lain adalah investasi tanah dan investasi perhiasan (emas). Tidak salah lagi, animo masyarakat pada kedua jenis investasi tersebut memang terbilang sangat tinggi. Hal ini tentu tidak lepas dari beragam kelebihan yang ditawarkan masing-masing investasi.
Semua tentu punya sisi positif dan negatifnya. Lalu, dari kedua jenis investasi tersebut, manakah yang lebih baik dan paling mungkin memberikan keuntungan bagi kita sebagai investor? Yuk, simak perbandingan berikut:

Investasi Properti

Plus:

•    Harga Tanah Terus Naik

Keuntungan pertama dari investasi properti adalah harganya yang kian naik seiring berjalannya waktu. Bahkan pada beberapa kasus, naiknya bisa cukup tajam. Hal ini umumya disebabkan karena tingginya permintaan tanah (ledakan penduduk), sementara lahan kosong yang tersedia semakin sempit.

•    Bisa Dimanfaatkan untuk Tempat Bisnis dan Disewakan

Investasi properti menarik karena ada banyak orang yang membutuhkan properti untuk berbisnis dan untuk tempat tinggal. Mereka yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli properti akan menyewa pada Anda yang memiliki propeti. Jadi selain harga yang terus naik, Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari harga sewa. Anda pun juga bisa memanfaatkan properti Anda untuk tempat bisnis apabila properti Anda berlokasi strategis.
Minus:

Baca juga  Strategi Lunasi Hutang Secara Cepat

•    Modal Besar

Seperti yang sudah kita ketahui, tanah adalah aset yang harganya mahal, terlebih jika tanah ini terletak di lokasi yang strategis. Jika berniat menjadikan tanah sebagai media investasi, pastikan modal yang Anda miliki cukup. Perawatan properti pun termasuk mahal. Anda harus rajin membayar pajak serta merenovasi bagian-bagian yang rusak setiap tahunnya.

•    Kesulitan dalam Menjual

Harga properti yang relatif tinggi membuatnya tidak mudah untuk dijual. Bila Anda membutuhkan uang secara mendadak, Anda harus sabar bila ingin menjual properti Anda. Calon pembeli membutuhkan waktu cukup lama untuk menentukan jadi atau tidaknya pembelian properti. Maka dari itu, investasi properti bukan pilihan tepat bila Anda membutuhkan dana darurat di masa depan.

Investasi Emas

Plus:

•    Bersifat Likuid

Emas memiliki likuiditas tinggi dimana artinya emas dapat diuangkan dengan cepat. Bila Anda membutuhkan dana darurat, menjual emas bisa membantu Anda. Emas perhiasan dan emas Emas adalah logam yang tahan korosif, sehingga disimpan berapa lamapun tidak akan berkarat. Selain itu, perawatan emas juga mudah dan tidak memutuhkan perlakuan khusus. Emas layaknya alat tukar uang, tapi dalam bentuk berbeda dan nilainya yang cenderung naik.

•    Tidak Ada Pajak

Tidak seperti investasi lainnya, emas adalah investasi yang bebas pajak. Jadi sebanyak apa pun emas yang kita miliki, tidak perlulah khawatir dengan kewajiban membayar pajak.
Minus:

•    Harga Tidak Stabil

Meskipun cenderung naik, emas juga beberapa kali mengalami jatuh harga meskipun pada akhirnya akan naik lagi. Pandailah membaca situasi ketika memutuskan untuk memilih emas sebagai alat investasi. Emas cocok untuk investasi jangka panjang karena dapat dipastikan dalam kurun watu yang lama, harga emas akan naik.

Baca juga  Begini 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Baru Bekerja

•    Butuh Tempat yang Aman

Emas membutuhkan tempat penyimpanan yang aman, apalagi jika Anda memiliki emas dalam jumlah banyak. Pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan emas yang aman atau Anda juga bisa memanfaatkan jasa penitipan emas.

Jadi, mana yang lebih baik bagi Anda? Investasi emas atau properti? Tentunya perpaduan antara kedua investasi ini bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Jika Anda tertarik mencoba investasi emas, dapatkan informasi lengkap seputar panduan berinvestasi emas dalam ebook persembahan sahabat pegadaian. Selamat mencoba kedua investasi ini!