Cincin Emas
Bagikan:

Cincin emas untuk pernikahan adalah salah satu hal paling vital yang seringkali membuat calon pengantin kebingungan untuk memilihnya.

Bagaimana pun, cincin pernikahan adalah simbol utama sebuah “ikatan cinta”. Kehadirannya pun menjadi sangat mutlak dalam setiap upacara pernikahan. Secara umum, kita cenderung memilih cincin emas untuk pernikahan. Namun, bagaimana jika Anda masih bingung dalam tips membeli cincin emas untuk pernikahan?

Cari Referensi dan Rekomendasi

Cara mudahnya, Anda dapat melakukan “riset singkat” terkait cincin emas untuk pernikahan. Tidak perlu repot, Anda bahkan bisa mencarinya di majalah, buku, internet–atau berkunjung langsung ke toko-toko perhiasan terdekat. Nah, pada tahap ini, jangan lupa untuk meminta pendapat pasangan tentang pilihan Anda, ya.

Agar tidak terlalu mepet, usahakan untuk mencari cincin emas minimal 30 hari sebelum hari H. Adapun hal ini dilakukan agar Anda bisa memastikan desain, bentuk, ukuran, dan harganya–benar-benar cocok dengan keinginan.

Persiapkan Bujet

Jika Anda sudah mengetahui jenis cincin apa yang akan dibeli, inilah saatnya menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Tentu saja, lantaran “emas”, bujetnya sendiri memang agak sedikit mahal.

Jangan terlalu memaksakan diri. Toh, Anda masih punya banyak waktu untuk membandingkan harga di toko satu dengan yang lainnya. Hindari pula tergiur dengan harga murah, ya.

Desain dan Model

Bagaimana pun, sebuah cincin pernikahan adalah benda yang akan Anda gunakan seumur hidup Anda. Karenanya, jangan takut untuk tampil beda. Selain memastikan bahwa model cincin tidak kuno dan mudah “dimakan zaman”, penting untuk memastikan agar di tahun-tahun mendatang, cincin pernikahan Anda bisa jadi sarana investasi yang menguntungkan.

Namun, untuk keamanan dan kenyamanan, sebaiknya memilih cincin pernikahan yang simpel, terasa nyaman, dan tidak mencolok. Belilah pula cincin yang mudah dibersihkan, sehingga memudahkan Anda saat harus merawatnya sendiri. Jika perlu, Anda bisa memesan cincin di toko yang juga memberikan jasa perawatan, pemolesan uang, penyesuaian ukuran, serta pencucian emas.

Baca juga  5 Karya Seni dari Emas

Sesuaikan Kadar Emas

Cobalah untuk membeli cincin dengan kadar emas 18 karat, atau sebanyak 75%. Pasalnya, emas berkadar 24 karat mengandung logam yang lunak, sehingga cenderung mudah berubah bentuk. Sebaliknya, cincin emas berkadar 18 karat memiliki daya tahan yang baik. Bentuk dan warnanya sendiri tidak akan berubah, sekalipun digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Itulah empat tips membeli cincin emas untuk pernikahan. Nah, untuk menemukan bentuk, desain, serta harga yang sesuai–jangan ragu untuk melakukan survei dan meminta rekomendasi toko perhiasan terdekat, ya!