93344281
Bagikan:

Rasanya wajar bila tabungan emas atau logam mulia (LM) seolah tidak pernah sepi peminat. Di tengah beragamnya fasilitas tabungan, ada saja orang yang mengalihkan uang tabungannya dengan membeli emas, baik dalam bentuk batangan atau perhiasan. Saking populernya, Detik.com bahkan mencatat, hingga kini, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) telah menjual sekitar sebelas ton emas batangan, bernilai Rp5,5 hingga Rp6 triliun!

Lantas, apa yang menyebabkan tabungan emas lebih menguntungkan ketimbang jenis tabungan lainnya? Berikut adalah empat alasan mengapa tabungan emas baik untuk Anda.

1. Nilai yang Terus Naik

Tidak seperti perangkat elektronik atau otomotif, nilai emas tidak pernah turun. Inilah mengapa, selain dapat dijadikan alternatif “menyimpan uang”, emas juga dapat Anda gunakan untuk berinvestasi. Apalagi, tabungan emas sudah terbukti populer dan banyak digunakan orang dari masa ke masa.

Di samping tabungan tanah atau properti, emas sendiri diyakini memiliki nilai investasi yang tinggi. Pada akhirnya, memiliki tabungan emas bisa mendatangkan keuntungan berlipat bagi Anda, terutama jika harganya sedang melonjak tinggi.

2. Stabil

Emas atau logam mulia amat cocok dijadikan sebagai tabungan jangka panjang. Tabungan emas, cenderung stabil terhadap dampak inflasi. Alih-alih turun, nilai emas senantiasa mengalami kenaikan. Entah inflasi maupun krisis ekonomi, faktanya nilai emas tidak pernah anjlok, sekalipun pemerintah menetapkan kebijakan devaluasi hingga nol rupiah.

Tidak perlu terburu-buru menjual tabungan emas yang Anda punya. Anda bisa menggunakannya sebagai investasi masa depan, seperti biaya sekolah, pernikahan, membeli rumah, hingga keberangkatan haji.

3. Mudah Dicairkan

Tabungan emas bersifat likuid. Ini artinya, mudah dicairkan dan digunakan ketika Anda membutuhkannya. Pencairan di sini tidak melulu berarti “harus dijual”, sebab Anda juga bisa menggadaikannya.

Baca juga  Pilih Jual Emas atau Gadai Emas? Berikut Perbandingannya

Skala kemudahan “pencairan emas” sendiri bahkan lebih tinggi ketimbang jenis investasi lain, seperti tanah atau properti. Nah, tabungan emas bahkan bisa langsung Anda gunakan untuk transaksi, terlebih ketika Anda benar-benar memerlukan uang tunai.

4. Bebas Pajak dan “Aturan”

Tidak ada nominal pajak yang akan dibebankan kepada Anda atas kepemilikan tabungan emas. Sebanyak dan seberat apapun emas yang Anda punya, tidak akan ada pajak maupun peraturan (undang-undang) yang mengikat Anda. Hal ini tentulah berbeda dengan tabungan berbentuk uang tunai. Bukan hanya pajak, Anda juga diwajibkan menanggung beban administrasi setiap bulannya.
Itulah empat alasan mengapa tabungan emas baik untuk Anda. Tentu saja, Anda mungkin telah mengenal beragam jenis tabungan. Mulai dari deposito, properti, hingga logam mulia. Adapun seluruhnya, pastilah memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Di sini, penting untuk menggunakan dan memanfaatkannya berdasarkan selera maupun kenyamanan Anda sebagai si pemilik.