Bagikan:

Kebutuhan hidup yang harganya kian melambung setiap tahunnya membuat masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya investasi untuk melindungi kekayaan mereka. Bukan hanya melindungi, tetapi juga diharapkan menjadi penyelamat ketika krisis keuangan melanda. Salah satunya melalui investasi emas.

Seiring dengan perkembangan zaman, emas bukan lagi barang yang sulit untuk dimiliki. Emas tidak lagi menjadi barang milik orang-orang tertentu saja. Karena memiliki daya tarik tersendiri, emas selalu menjadi dambaan banyak orang. Emas pun semakin populer dan banyak diminati oleh masyarakat untuk investasi mereka.

Ada beberapa bentuk emas yang bisa dijadikan investasi, yaitu investasi emas batangan, emas perhiasan, dan koin emas. Ketiganya bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Investasi Emas yang Paling Mudah

Dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, investasi emas sangat mudah dilakukan. Bagaimana caranya?

Investasi Perhiasan Emas

Bagi Anda yang sangat memerhatikan penampilan, investasi emas memang menarik karena menawarkan fungsi ganda, yaitu sebagai perhiasan dan sarana investasi. Investasi emas ini juga bisa disesuaikan dengan keuangan Anda karena Anda bisa membeli bahkan dengan berat yang kurang dari 1 gram dan dapat memilih perhiasan dengan berbagai pilihan karat mulai dari 18 karat, 22 karat sampai 24 karat. Perhiasan emas juga sangat mudah ditemukan karena banyak sekali pasar ataupun mall yang terdapat toko emas.

Tidak ada salahnya jika ingin berinvestasi perhiasan emas, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika berinvestasi perhiasan emas, yaitu mengenai kadar karat emas. Ketika Anda membeli emas perhiasan 24 karat, belum tentu kadar emas tersebut benar 24 karat.

Mengapa? Karena emas dibuat dari campuran emas murni batangan, tembaga, dan perak yang dicampur dan dilebur menjadi satu sebelum akhirnya dicetak. Persentase ketiga bahan tersebutlah yang mempengaruhi kadar karat emas.

Pembuatan atau pencetakan emas ini juga yang mempengaruhi harga emas perhiasan, karena disertai pula dengan biaya pembuatannya. Jadi, ketika Anda membeli emas, Anda tidak hanya membayar kadar emasnya saja melainkan biaya pembuatan emasnya juga.

Baca juga  Menarik, Ini 5 Fakta Unik Emas yang Harus Anda Ketahui

Investasi Emas di Pegadaian

Seperti diketahui, untuk berinvestasi emas Anda bisa menggunakan perhiasaan ataupun emas batangan. Salah satu lembaga yang memberikan layanan investasi emas yaitu Pegadaian. Pegadaian memiliki layanan Tabungan Emas dan Mulia yang bisa mempermudah Anda untuk investasi emas.

Investasi Tabungan Emas

Memiliki emas tidaklah sulit asal ada kemauan. Cara mudah memiliki emas lainnya yang juga ditawarkan oleh Pegadaian adalah Tabungan Emas, sebagai layanan penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan.

Tabungan emas di sini bukan berarti Anda menyetorkan emas untuk ditabungkan, melainkan Anda menyetor dalam bentuk uang dan uang tersebut akan dikonversi ke dalam bentuk gram emas. Dengan uang sebesar Rp 5.000-an, kini Anda sudah bisa menabung emas batangan yang setara dengan 0.01 gram saat dikonversikan. Dikelola secara profesional dan transparan, nasabah baru bisa mencairkan saldo Tabungan Emasnya saat saldo emas setara dengan berat 1 gram.

Adapaun syarat untuk bisa menabung emas di Pegadaian ini cukup ringan, yaitu menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.

Tabungan emas di Pegadaian juga menyediakan layanan E-channels yang disediakan untuk memberikan kemudahan bagi setiap nasabah untuk menabung emas di mana saja dan kapan saja. Failitas E-channels ini meliputi ATM Bank, internet banking dan outlet Pegadaian.

Investasi Logam Mulia

Selain tabungan emas, Pegadaian juga menyediakan layanan investasi yaitu investasi logam mulia. Adapun layanan logam mulia yang tersedia di Pegadaian, yaitu:

Mulia Tunai

Banyak orang yang memilih untuk membeli logam mulia sebagai salah satu elemen perencanaan masa depannya. Salah satunya melalui produk Mulia Tunai dari Pegadaian yang membuat masa depan berada di tangan Anda sendiri.

Sebagai layanan investasi logam mulia secara tunai, Pegadaian memberikan akses yang mudah bagi para nasabahnya untuk melakukan transaksi Mulai Tunai karena tersedia di lebih dari 629 outlet Pegadaian Galeri 24.

Baca juga  Menyebarkan Inspirasi Investasi Emas Lewat Seminar Kemilau Emas

Jika dana yang Anda miliki terbatas, pilihan investasi emas batangan pun bisa dimulai dari 1 gram. Namun, bagi Anda yang memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk memilih produk Mulia Tunai ini karena Anda bisa melakukan investasi emas sampai dengan 1 kilogram. Tentunya Anda juga akan mendapatkan sertifikat pada pembelian mulia tunai ini.

Dengan layanan nasabah perorangan, syarat yang perlu Anda perhatikan saat ingin melakukan transaski Mulia Tunai adalah memiliki kartu identitas yang berlaku (KTP/SIM/Paspor) dan mendatangai outlet Pegadaian Galeri 24 dengan membayar nilai logam mulia yang akan dibeli.

Mulia Arisan dan Mulia Kolektif

Pegadaian juga  memiliki produk mulia lain sebagai layanan penjualan logam mulia kepada masyarakat dengan pilihan investasi mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Menariknya, produk mulia ini tidak hanya melayani dalam bentuk tunai tetapi juga dalam bentuk arisan dan kolektif. Pembelian secara kolektif dan arisan sendiri merupakan pembagian modal antara beberapa orang dengan jumlah anggota minimal 6 orang.

Untuk Mulia Arisan, uang muka yang harus Anda bayarkan yaitu mulai dari 10% dari harga jual. Sedangkan Mulia Kolektif, uang muka yang harus dibayarkan sebesar 10%. Keuntungan lainnya yang Anda dapatkan dari produk mulia ini yaitu cara pembayarannya yang bisa dilakukan secara online. Pembayaran angsuran ini bisa dilakukan secara online di seluruh outlet Pegadaian dan melalui ATM. Selain itu, pilihan waktu pembiayaan dari MULIA ini yaitu hingga 36 bulan.

Adapun syarat yang untuk bisa mengikuti layanan ini yaitu memiliki kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku.

Investasi Emas Batangan

Untuk investasi jangka panjang, emas batangan sudah sejak lama menjadi primadona dalam dunia investasi. Tujuannya sudah pasti untuk melindungi kekayaan dan mendapatkan keuntungan di masa depan. Walau tidak memiliki fungsi untuk menunjang penampilan, tetapi investasi emas batangan cenderung lebih menguntungkan karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan.

Baca juga  Beragam Cara Mendapatkan Keuntungan dari Emas

Kualitas emas batangan pun sudah tidak diragukan lagi karena kadar karat yang terkandung nyaris 100% dibandingkan emas perhiasan yang terbuat dari beberapa bahan campuran. Selain itu Anda juga terbebas dari biaya pembuatan emas seperti pada emas perhiasan.

Keuntungan Investasi Emas

Ada berbagai alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih emas sebagai bahan investasinya. Harga emas yang selalu stabil bahkan cenderung mengalami kenaikan adalah salah satunya. Harga emas yang naik ini menghasilkan jumlah yang tinggi ketika emas dijual kembali.

Hal ini karena investasi emas yang tidak tergerus oleh inflasi yang membuat nilai emas cenderung naik setiap tahunnya. Walau demikian, bukan berarti harga emas tidak pernah turun. Hanya saja penurunan harga emas ini jarang sekali terjadi, dan jika terjadi sekalipun tidak akan drastis.

Investasi emas bisa menjadi solusi bagi ketika dalam keadaan mendesak yang membutuhkan dana dalam jumlah yang tidak sedikit. Dengan investasi emas, Anda bisa mencairkan emas yang Anda miliki dengan cepat karena sifat emas yang mudah dicairkan.

Jika Anda tidak ingin kehilangan emas yang Anda miliki, Anda juga bisa menggadaikannya. Jadi, emas yang Anda miliki bisa didapatkan kembali ketika Anda sudah mempunyai dana yang cukup untuk menebusnya.

Investasi emas dalam bentuk apapun sebenarnya tidak ada yang salah asalkan Anda sudah memiliki bekal pengetahuan sebelum berinvestasi. Karena jika Anda malas mencari informasi akan menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri.

Investasi perhiasan emas atau emas batangan menjadi pilihan Anda, sama halnya apakah Anda ingin berinvestasi secara angsuran atau tidak karena perlu disesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Jadi, bijak dalam menentukan sangat diperlukan supaya investasi Anda tidak buntung.