Bagikan:

Investasi harus rasional. Jika Anda tidak memahaminya, jangan lakukan. – Warren Buffett.

Kian hari, Anda dihadapkan pada tuntutan kebutuhan yang semakin bertambah. Belum lagi dengan harga barang yang tak pernah mengalami penurunan. Ditambah dengan penghasilan yang tidak banyak mengalami perubahan. Ini artinya, Anda harus mencari tambahan finansial agar tak tergerus dan mampu bertahan di tengah persaingan yang begitu ketat.

Beberapa orang pun memutuskan untuk melakukan gadai sebagai sebuah solusi untuk mendapatkan dana dalam waktu cepat, salah satunya adalah gadai emas. Tak asal mendatangi tempat gadai, ternyata ada hal-hal yang sebelumnya perlu Anda ketahui saat ingin gadai emas. Apa saja? Berikut ulasannya:

Cari Tahu Harga Emas Terbaru Sebelum Melakukan Gadai Emas

Pertama, carilah informasi sebanyak mungkin tentang harga emas terbaru. Hal ini disebabkan karena harga emas memang cenderung fluktuatif. Anda bisa melihat harga emas terkini dengan mengakses situs-situs yang terpercaya di dunia maya atau berkunjung ke toko emas untuk mendapatkan update harga emas. Dengan demikian, Anda tahu kapan saat yang tepat untuk menggadaikan emas-emas yang Anda miliki dan mendapatkan nominal harga gadai yang maksimal.

Gadaikan Emas pada Tempat-Tempat Bersertifikat dan Tepercaya

Setelah mengetahui harga emas terbaru, selanjutnya Anda bisa mulai mencari tempat gadai emas. Ingat, jangan asal menggadaikan emas Anda di sembarang tempat, carilah tempat gadai yang memang bersertifikat dan tepercaya serta telah terkenal, Anda juga bisa bertanya kepada kerabat atau kolega mengenai tempat gadai atau bisa pula dengan memanfaatkan luasnya informasi yang beredar melalui internet. Ketahui bagaimana reputasinya agar Anda terhindar dari tindak penipuan yang memang sedang marak terjadi beberapa waktu ini. Salah satunya Anda bisa memilih tempat gadai seperti Pegadaian yang merupakan BUMN terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga  Mau Kredit Emas, Menabung Emas atau Beli Tunai? Pilih yang Cocok Bagi Anda

Penuhi Syarat-Syaratnya

Setiap barang atau benda yang akan Anda gadaikan memiliki syarat masing-masing, tak terkecuali dengan emas. Jika Anda memilih untuk menggadaikan emas melalui Pegadaian lewat produk Kredit Cepat dan Aman (KCA) membutuhkan syarat-syarat seperti kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM/paspor) dan benda yang akan digadaikan, dalam hal ini emas. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi tempat gadai, siapkan dan lengkapi semua syarat yang dibutuhkan, agar proses gadai emas yang Anda lakukan berjalan lancar tanpa kendala.

Perhatikan Biaya Gadai yang Dibebankan

Selain syarat dan ketentuan, yang perlu Anda perhatikan saat ingin gadai emas adalah sistem biaya dan besarannya yang harus dibayarkan kemudian.

Misal perhatikan biaya administrasi sesuai dengan besar pinjaman pada produk KCA. Pinjaman Rp 500.001 hingga Rp 1.000.000 biaya administrasi yang harus dibayarkan sebesar Rp 10.000. Pinjaman Rp. 1.000.001 hingga Rp 2.500.000 biaya administrasi yang harus dibayarkan sebesar Rp 20.000.

Pinjaman Rp 2.500.001 hingga Rp 5.000.000 biaya administrasi yang harus dibayarkan sebesar Rp 35.000. Pinjaman Rp 5.000.001 hingga Rp 10.000.000 biaya administrasi yang harus dibayarkan sebesar Rp 50.000. Begitupun seterusnya dengan biaya administrasi yang terus bertambah sesuai dengan nilai pinjaman.

Jangan Sampai Melewati Tenggat Waktu

Setelah mendapatkan dana dari gadai emas yang telah Anda lakukan, bukan berarti pembayaran yang harus Anda kembalikan tak memiliki batas waktu. Semua tempat gadai juga memiliki tenggat waktu akhir pelunasan cicilan untuk menghindari orang-orang yang mangkir dari kewajiban ini.

Jangan khawatir, karena Anda tetap bisa memperpanjang masa gadai setelah masa gadai pertamanya dinyatakan berakhir. Biasanya, lama waktu perpanjangan ini sama dengan masa gadai pertama. Misalnya Anda menggadaikan emas dalam jangka waktu empat bulan, maka selanjutnya Anda bisa melakukan perpanjangan dengan jangka empat bulan. Namun, beberapa tempat gadai mungkin memberlakukan kebijakan yang berbeda terkait perpanjangan masa gadai.

Baca juga  Tips Investasi Emas Batangan: 5 Panduan Beli Emas Batangan Secara Menguntungkan

Meskipun demikian, jangan sampai Anda melewati tenggat waktu peminjaman, karena biaya cicilan yang harus Anda bayarkan akan semakin besar dari hari ke hari. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencicil pembayaran pertamanya. Dengan demikian, cicilan Anda pada hari berikutnya tidak akan terasa memberatkan.

Demikianlah informasi mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui saat ingin gadai emas. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mendapatkan dana tambahan. Selamat mencoba.