Bagikan:

Emas merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat perhiasan. Sebagai logam mulia, emas bisa mengubah penampilan seseorang menjadi lebih anggun dan mewah. Kelebihan, emas dengan mudah bisa dibentuk menjadi berbagai model kalung, cincin, dan gelang sehingga calon pembeli memiliki banyak pilihan untuk mempercantik penampilannya. Tentunya, emas juga menjadi salah satu pilihan investasi banyak orang. Berikut beberapa fakta menarik emas yang berhasil dihimpun Sahabat Pegadaian:

1. Nama Kimia Emas Berarti Sinar Matahari
Dalam tabel periodik, nama kimia emas adalah Aurum (Au). Kata ini berasal dari bahasa Latin yang berarti shining dawn atau glow of sunrise. Dalam Bahasa Indonesia, kata ini berarti pancaran sinar matahari. Pemilihan nama tersebut tentu bukan tanpa alasan. Jika diamati, emas memang tampak seperti lingkaran sinar yang bisa ditemukan di sekitar matahari.

2. Asal Usul Sebutan Logam Mulia
Apakah Anda tahu mengapa emas disebut logam mulia? Alasannya tak lain karena emas sangat tahan terhadap korosi maupun oksidasi atau kondisi lingkungan lainnya. Hal inilah yang membuat emas diperjual-belikan dengan harga yang lebih tinggi daripada jenis logam lainnya.

3. Logam yang Paling Mudah Dibentuk
Ada berbagai macam model perhiasan emas, mulai dari yang sederhana hingga rumit. Ini menandakan bahwa emas sangat mudah dibentuk, lentur, dan lunak. Uniknya, emas bisa digunakan sebagai benang sulam untuk menghiasi kain.

4. Sudah Digunakan Sejak 4.000 SM
Fakta menarik emas lainnya adalah bahwa fosil yang diperkirakan hidup pada Zaman Batu atau 4.000 tahun lalu ditemukan sedang mengenakan emas. Inilah yang menandakan bahwa material ini sudah mulai dikenal pada masa itu.

5. Apa yang Dimaksud dengan Karat?
Anda pasti pernah mendengar istilah karat saat membeli emas. Karat berasal dari kata Carob atau Kharrub. Ada dua makna karat. Pertama, ukuran berat pada batu mulia, yang mana satu karat sama dengan 0,2053 gram. Makna kedua, ukuran kadar kemurnian emas. Emas 24 karat adalah emas murni, sedangkan emas 22 karat memiliki kadar 91,7% dan 18 karat memiliki kadar 75%. Perhiasan dengan tambahan komponen lain membuat kadar karat emas menjadi lebih rendah.

Baca juga  Pilih Beli Emas atau Gadget Baru?

6. Bisa Digunakan Sebagai Obat
Siapa yang menyangka jika emas bisa digunakan sebagai obat untuk menghancurkan keberadaan sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Para peneliti menemukan bahwa isotop radioaktif Au-198 di dalam emas ternyata memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Itulah fakta menarik emas yang masih jarang diketahui.

7. Penambangan Emas
Sekitar 2.415 ton emas ditambang per tahun di seluruh dunia. Meskipun demikian, tidak semua emas tersebut diolah dan diperjual-belikan. Perusahaan yang paling banyak menghasilkan emas adalah BarrickGold Corporation yang berpusat di Kanada dan memiliki tambang di Afrika, Australia, dan Amerika Utara. Biaya yang dibutuhkan untuk menambang emas pun tidak sedikit. Per gram, proses produksi membutuhkan biaya sekitar Rp146.256 hingga Rp187420. Kota-kota yang menjadi pusat perdagangan emas adalah Singapura, Hong Kong, Sidney, dan Tokyo. Sementara itu, negara yang menggunakan emas paling banyak adalah India, Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Jepang, dan Indonesia.