Bagikan:

Memiliki kondisi finansial yang stabil hingga tua merupakan dambaan semua orang. Biaya kebutuhan yang semakin naik serta persaingan di bidang ekonomi yang semakin terasa merupakan sinyal yang harus Anda sadari sedini mungkin. Investasi menjadi penyelamat Anda dari inflasi yang perlahan menggerogoti nilai mata uang dari waktu ke waktu. Mata uang Rp. 100.000 saat ini bisa saja tidak ada apa-apanya di masa depan karena inflasi yang terus bergerak ke atas.

Investasi kini ditawarkan dalam banyak bentuk yang bisa disesuaikan dengan kemampuan setiap orang. Hal inilah yang mendobrak perspektif banyak orang bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki pendapatan tinggi.

Baik investasi saham, properti, emas, dan jenis investasi lainnya bisa Anda pilih, yang sekali lagi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Memang banyak jenis investasi yang memberikan hasil lebih tinggi, tetapi memiliki resiko yang juga tinggi dan juga tidak likuid seperti emas.

Emas sebagai salah satu investasi yang banyak diminati memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan investasi lainnya, yaitu harganya yang selalu naik dan sifatnya yang mudah dicairkan. Sehingga, investasi emas ini bisa menjadi solusi pendanaan Anda di masa depan. Lalu, bagaimana caranya berinvestasi emas dengan mudah? Salah satu caranya bisa dengan cicil emas di Pegadaian. Penasaran? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini:

Cicil Emas di Pegadaian

Saat ini pemerintah terus meningkatkan sektor perekonomian masyarakat kelas bawah hingga menengah sehingga banyak kebijakan ekonomi yang terus digulirkan. Salah satunya ialah kemudahan dalam berinvestasi emas atau logam mulia.

Kita tahu bahwa untuk  berinvestasi emas, maka kita membutuhkan sejumlah uang yang kemudian akan digunakan untuk membeli emas. Sesederhana itu, jika Anda memiliki cukup uang, Anda bisa berinvestasi emas.

Baca juga  Tips Investasi Emas: 5 Cara Memantau Harga Emas Hari Ini dengan Benar

Namun bagaimana jika belum memiliki uang untuk mulai berinvestasi emas?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemerintah memberikan kemudahan untuk berinvestasi emas, yaitu dengan cara dicicil/diangsur. Lembaga keuangan milik negara yang memberikan layanan investasi emas secara angsuran yaitu Pegadaian. Ya, seperti diketahui Pegadaian bukan hanya menjadi lembaga keuangan yang memberikan solusi pendanaan tetapi juga sebagai wadah bagi Anda yang ingin berinvestasi emas.

Layanan investasi emas di Pegadaian yang bisa dilakukan dengan dicicil meliputi:

  1. Mulia Arisan

Ketika penghasilan yang Anda dapatkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keinginan untuk berinvestasi pun terkadang harus dikubur dalam-dalam. Namun, ketika kemudahan telah hadir, alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya.

Seperti pada layanan Mulia Arisan di Pegadaian yang memberikan Anda kemudahan untuk berinvestasi emas dengan memanfaatkan teman arisan Anda. Pada layanan ini, pembayarannya bisa dilakukan dengan cara angsuran yang melayani investor dengan jumlah anggota minimal 6 orang.

Proses untuk investasi emas dengan mulia arisan ini tergolong mudah dengan layanan yang profesional. Pilihan investasi emas pada mulia arisan ini mulai dari 1 gram sampai dengan 1 kilogram, selain itu Anda juga akan mendapatkan sertifikat emas. Untuk pengambilan emas pada Mulia Arisan ini yaitu satu keping per bulan untuk uang muka 10% yang dimulai setelah angsuran kedua. Untuk uang muka 15% bisa dimulai setelah angsuran pertama.

Adapun persyaratan untuk berinvestasi emas dengan mulia arisan ini yaitu, hanya menyerahkan fotokopi kartu identitas masing-masing anggota yang masih berlaku.

Prosedur pembayaran:

Penetapan harga pada Mulia Arisan ini dilakukan di awal arisan. Untuk pembayaran uang muka dimulai dari 10% dengan pilihan waktu pembiayaan hingga 36 bulan. Anda dapat melakukan pembayaran secara online, melalui outlet Pegadaian atau melalui ATM.

Baca juga  Seminar Mengenal dan Memilih Investasi yang Tepat Bersama Safir Senduk

 

  1. Mulia Kolektif

Selain melalui Mulia Arisan, Anda juga bisa berinvestasi emas dengan layanan lainnya yaitu, Mulia Kolektif. Mulia Kolektif ini sebagai layanan investasi emas batangan secara angsuran bagi komunitas dengan minimal anggota sebanyak 6 orang.

Seperti Mulia Arisan, pada Mulia Kolektif ini pilihan emas mulai dari 1 gram sampai dengan 1 kilogram beserta sertifikat dengan pembiayaan waktu hingga  36 bulan. Untuk pilihan kepingan emas ini ditentukan oleh masing-masing anggota dan emas bisa diambil setelah masing-masing anggota membayar lunas.

Persyaratan investasi dengan Mulia Kolektif ini yaitu menyerahkan identitas masing-masing anggota yang masih berlaku. Anda juga harus melakukan akad pembiayaan yang ditanda tangani per orang.

Prosedur pembayaran:

Pada mulia kolektif ini pembayaran uang muka mulai dari 10%. Pembayaran angsuran dapat dilakukan secara online, outlet Pegadaian atau melalui ATM.

 

  1. Mulia Personal

Berinvestasi bersama rekan arisan maupun kolektif memang menyenangkan, apalagi jika pembayarannya dilakukan secara angsuran. Tapi mungkin Anda lebih nyaman berinvestasi secara individual, namun tetap dengan sistem angsuran. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mewujudkannya melalui layanan Mulia Personal. Pilihan investasi emas yang ada mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram dan tentunya akan mendapatkan sertifikat. Utuk mengajukannya Anda hanya perlu membawa fotokopi identitas pribadi yang masih berlaku.

Prosedur pembayaran:

Pembayaran uang muka pada mulia personal ini mulai dari 20%. Untuk pilihan waktu pembiayaan mulai dari 2, 6, 12, 18, 24, dan 36 bulan yang pembayarannya bisa melalui outlet Pegadaian atau ATM.

 

  1. Emasku

Selain 4 cara di atas, yang bisa Anda lakukan untuk investasi emas batangan di Pegadaian adalah dengan memanfaatkan layanan Emasku. Kini logam mulia 24 karat bisa Anda miliki dengan mudah, praktis, dan ekonomis karena hanya dengan uang muka mulai dari Rp 150.000, Anda dapat berinvestasi di layanan Emasku.

Baca juga  Ini Dia Cara Investasi Emas yang Paling Mudah

Dengan menyertakan fotokopi KTP atau identitas diri yang masih berlaku serta memiliki paket layanan (mulai dari Rp 150.000 sampai dengan Rp 1.250.000), Anda akan memperoleh emas murni 24 karat bersertifikat mulai dari berat 1 sampai dengan 25 gram. Nantinya emas bisa diangsur selama 12 kali dan pembayaran angsurannya bisa melalui Pegadaian atau bank.

Selain berinvestasi emas, produk Emasku juga memberikan keuntungan tambahan berupa perlindungan asuransi kecelakaan diri, meninggal dunia, dan cacat tetap karena kecelakaan. Nantinya nasabah bisa memperoleh biaya pertanggungan sampai dengan Rp 30.000.000 serta polis berbentuk voucher yang dapat diaktivasi melalui SMS. Jadi, Emasku akan memberikan investasi semudah yang Anda bayangkan.

Prosedur pembayaran cicilan:

Layanan emasku ini memiliki masa angsuran sebanyak 12 kali yang bisa dibayarkan melalui Pegadaian atau bank.

 

Investasi emas memang terbilang menguntungkan karena bisa dikatakan jika Anda berinvestasi emas sama dengan harta yang Anda miliki tetap, karena penurunan harga emas yang kecil kemungkinannya sehingga jumlah harta yang Anda miliki tidak berkurang bahkan bisa bertambah.

Investasi emas kini bisa diwujudkan melalui layanan dari Pegadaian yang telah dijelaskan. Untuk investasi emas di Pegadaian, Anda juga bebas memilih jenis emas yang akan Anda investasikan, apakah emas UBS atau emas Antam. Dengan pembayaran secara cicilan yang bisa disesuaikan dengan budget Anda, tidak ada lagi alasan untuk tidak berinvestasi emas. Selamat berinvestasi!