tabungan emas untuk dana pendidikan
Bagikan:

Telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu, sistem investasi; tabungan; maupun asuransi emas mennjadi cara yang banyak digunakan orang untuk “menabung” atau yang lebih ekstrem lagi: mempersiapkan masa depan. Apalagi caranya tergolong praktis dan mudah. Cukup membeli, simpan, lalu jual di kemudian hari. Entah “dicairkan” saat terpepet atau justru butuh uang, tabungan emas Anda sudah memberikan keuntungan.

Apalagi kini menabung emas semakin mudah untuk dilakukan, bahkan bagi Anda yang belum memiliki cukup banyak modal untuk menimbun emas. Tabungan Emas di Pegadaian bisa Anda mulai hanya dengan nominal 5-6 ribu rupiah saja.

 

Mengapa Tabungan Emas Cocok untuk Pendidikan?

Sebenarnya, tabungan emas Anda dapat dimanfaatkan untuk beberapa sektor. Ini mencakup tabungan emas untuk dana pendidikan, pensiun, membeli rumah, atau justru membayar biaya kesehatan. Adapun beberapa kelebihan dari sistem tabungan emas, yakni: a) prosesnya yang praktis dan sederhana, sehingga bisa dilakukan oleh semua orang; b) tahan terhadap inflasi dengan harga yang  cenderung tetap (meski tidak menutup kemungkinan harga turun); c) dapat dijadikan agunan dan bisa dikatakan cukup “cair” karena dapat dijual atau digadaikan sewaktu-waktu; d) bebas pajak; hingga e) status kepemilikan yang sudah pasti.

Artikel ini sendiri akan membahas soal pemanfaatan tabungan emas sebagai dana pendidikan. Hal ini mengingat, biar bagaimanapun, biaya pendidikan akan selalu meningkat setiap tahunnya. Ini artinya, selain menabung dalam bentuk “uang tunai”, Anda juga perlu mempersiapkan instrumen lain—yang setidaknya punya tingkat kenaikan hampir sama/mampu mengimbangi peningkatan biaya pendidikan.

 

Ilustrasi Tabungan Emas untuk Pendidikan

Adapun sebagai ilustrasi, pada tahun 2017, biaya kuliah di satu universitas swasta adalah Rp100 juta. Secara umum, perkiraan kenaikan biaya pendidikan yakni 15% per tahun. Jika kini, anak Anda masih berusia satu tahun; sementara usia ideal (umum) seseorang masuk kuliah adalah 18 tahun, berapa rupiah yang harus Anda siapkan/investasikan setiap bulannya?

Baca juga  Istilah-Istilah Dalam Investasi Emas yang Harus Anda Tahu

Itu baru pertimbangan berdasarkan ilustrasi. Tidak menutup kemungkinan jika besaran biaya kuliah di universitas idaman justru lebih mahal, bukan? Nah, di sini, penting untuk memanfaatkan emas sebagai instrumen tabungan Anda. Apalagi, Joannes Widjajanto, seorang perencana keuangan pernah menyebutkan, keuntungan yang dipetik dari investasi emas berkisar antara 15% hingga 20% per tahun! Sebuah angka yang menggiurkan, bukan?

 

Resiko Minimal

Investasi emas lantas dinilai cocok, bagi Anda—orang-orang dengan profil risiko konservatif. Secara sederhana, orang-orang bertipe ini memang tidak suka mengambil risiko dan selalu ingin melindungi nilai pokok investasinya. Nah, agar semakin aman, Anda bahkan bisa menabung emas di banyak tempat; meliputi lembaga keuangan syariah, bank, hingga pegadaian!

Pada akhirnya, mempersiapkan tabungan emas untuk dana pendidikan sama artinya dengan menciptakan asuransi, serta perlindungan bagi masa depan pendidikan anak. Biar bagaimanapun, setiap orang tua menginginkan anak-anak tumbuh lebih baik— bahkan jika perlu lebih hebat dari mereka. Toh, bukankah salah satu kebanggaan orang tua terletak pada kesuksesan pendidikan anak-anak mereka?