Bagikan:

Perhiasan masih menjadi barang dambaan bagi kebanyakan wanita. Perhiasan yang terdiri dari kalung, anting, gelang, dan cincin ini dinilai bisa mempercantik tampilan dan menambah daya tarik seseorang. Apalagi jika perhiasan tersebut terbuat dari emas dan berlian, nilainya pun menjadi sangat tinggi. Tak jarang perhiasan mahal dijadikan patokan untuk menilai kelas ekonomi seseorang. Mereka yang memiliki banyak perhiasan emas dan berlian dianggap sebagai orang dari kelas berada dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

Perhiasaan emas hadir dengan beragam variasi model. Bentuk yang indah dan menarik membuat siapapun ingin memiliki setiap jenisnya. Namun sayangnya bagi sebagian orang, mengoleksi perhiasan emas menjadi sesuatu yang sulit dipenuhi. Perhiasan emas menjadi barang mewah yang tidak selalu bisa dijangkau setiap orang. Banyak yang pada akhirnya rela menggunakan emas imitasi demi mempercantik pernampilan..

Perhiasan yang banyak orang ketahui selama ini yaitu berupa emas, berlian, perak hingga perhiasan imitasi. Tapi ternyata ada satu satu jenis perhiasan lainnya, yaitu perhiasan xuping. Nama tersebut memang terdengar asing di telinga bagi sebagian orang, nyatanya perhiasan xuping sudah cukup lama keberadaannya dan masih banyak penggemar perhiasan imitasi yang tahu akan keberadaan xuping ini.

Xuping merupakan nama perhiasan yang berasal dari Tiongkok dengan bahan dasar berupa tembaga. Perhiasan xuping tidak lepas dari rhodium sebagai sentuhan akhir supaya perhiasan semakin berkilau. Xuping biasanya digunakan oleh mereka yang alergi pada perhiasan berbahan imitasi. Kita tahu bahwa alergi yang ditimbulkan akibat perhiasan imitasi bisa berupa gatal-gatal hingga iritasi. Xuping juga tergolong perhiasan yang awet dan bisa bertahan sekitar 1 tahun jika digunakan dengan baik dan tidak terkontaminasi oleh cairan kimia.

Baca juga  Investasi Emas atau Properti, Mana yang Lebih Baik?

Cara Membedakan Xuping Asli dan Palsu

Salah jika Anda mengira perhiasan xuping ini selalu asli. Pasalnya, meskipun masuk ke jenis perhiasan imitasi, tapi banyak juga oknum-oknum yang membuat xuping palsu dengan tampilan yang sangat menyerupai perhiasan xuping demi keuntungan pribadi.

Untuk membedakan antara perhiasan xuping asli dan palsu Anda bisa melihat logo xuping yang ditandai dengan tulisan ‘xuping’ di setiap perhiasannya. Biasanya tulisan ini berukuran kecil sehingga Anda harus jeli dalam melihatnya. Sedangkan perhiasan xuping palsu biasanya tidak memiliki logo tersebut.

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara xuping asli dan palsu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis lapisan perhiasan xuping, yaitu:

  • Lapisan Finishing: perhiasan ini dilapisi dengan rhodium dan emas, dan menggunakan permata dari bahan dasar zircon yang biasa digunakan sebagai pengganti berlian di toko emas.
  • Xuping Lapis Emas 14K: perhiasan ini dilapisi dengan emas 14 karat dengan ciri warna kuning pada xuping ini tidak mencolok dan lebih redup.
  • Xuping Lapis Emas 18K: perhiasan yang dilapisi emas 18 karat ini memiliki ciri berupa warna kuning kecokelatan, berwarna lembut dan dan juga tidak terlalu mencolok.
  • Xuping Lapis 24K: xuping dengan lapisan emas 24 karat ini biasanya terlihat mengkilap dan berwarna kuning terang.
  • Xuping Lapis Rhodium: xuping ini berwarna silver mengkilap dan terlihat mirip dengan perak.
  • Xuping Lapis Rose Gold: xuping ini dilapisi emas warna merah yang biasanya berwarna pink kecokelatan dan lebih pekat dibanding warna lainnya.

Keunggulan Perhiasan Xuping

Walaupun tergolong dalam perhiasan imitasi, xuping juga memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya diminati banyak orang. Beberapa keunggulan xuping ini, di antaranya:

  • Cocok Digunakan Bagi Kulit Sensitif
Baca juga  Cara Memanfaatkan Tabungan Emas untuk Dana Pendidikan

Seperti yang telah diulas sebelumnya, perhiasan ini cocok bagi Anda yang memiliki alergi terhadap jenis perhiasan lainnya.

  • Memiliki Daya Tahan yang Lama

Perhiasan xuping dapat bertahan hingga lebih dari satu tahun jika dirawat dengan baik.

  • Dapat Disepuh Ulang

Jika warna xuping sudah mulai terlihat kusam, perhiasan ini dapat disepuh untuk membuatnya cantik kembali. Tapi biasanya, hasil celupnya tidak akan seindah dengan warna ketika pertama kali Anda membelinya.

  • Tersedia dalam Beberapa Warna

Perhiasan xuping tidak hanya berwarna emas saja tetapi juga memiliki warna silver dengan tampilan yang juga menarik.

  • Murah

Alasan utama mengapa banyak orang tertarik membeli xuping ini yaitu harganya yang bersahabat. Jika dibandingkan dengan emas ataupun perak, harga perhiasan ini jauh lebih terjangkau. Anda bisa mendapatkan set perhiasan xuping yang terdiri dari anting, cincin, gelang, dan kalung hanya dengan beberapa ratus ribu rupiah.

 

Meskipun dikenal memiliki beragam kelebihan sebagai perhiasan imitasi, Anda tetap harus berpikir ulang jika ingin membelinya. Meskipun tampak cantik, perhiasan Xuping tetap akan pudar jika terkena cairan secara terus menerus, apalagi cairan yang mengandung bahan kimia. Selain itu perhiasan xuping juga membutuhkan perawatan ekstra apabila Anda menginginkan koleksi Anda untuk bertahan lama. Xuping tentunya hanya sekedar menjadi alat mempercantik penampilan dan tidak bisa dijadikan alat investasi seperti perhiasan emas.

Sebelum membeli perhiasan ini, memiliki pengetahuan seputar xuping sangat diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda memiliki uang lebih, tentu saja akan lebih baik bila Anda membeli perhiasan emas asli yang tak hanya cantik dan tahan lama tapi juga memiliki nilai tinggi. Semoga ulasan di atas bisa memberikan Anda pemahaman mengenai perhiasan xuping. Semoga bermanfaat!

Baca juga  Menabung Emas untuk Dana Pensiun? Mengapa Tidak?