Bagikan:

Investasi merupakan penanaman modal atau penanaman uang untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Salah satu investasi yang banyak dipilih yaitu investasi emas batangan karena dinilai lebih menguntungkan dan juga proses yang mudah untuk memulainya dibandingkan dengan investasi lainnya.

Harga emas yang cenderung naik setiap tahunnya membuat investasi emas semakin digandrungi oleh para investor. Walau demikian, harga emas juga bisa turun, namun bisa dipastikan penurunan harga sangat kecil kemungkinannya. Anda juga tidak perlu khawatir ketika suatu saat emas mengalami penurunan harga, karena itu hanya terjadi sesaat saja.

Kelebihan lain dari investasi ini yaitu sifatnya yang tahan terhadap laju inflasi. Selain itu, dibandingkan dengan investasi lain yang cenderung membutuhkan waktu lama untuk mencairkannya dalam bentuk uang, hal ini nampaknya tidak berlaku bagi investasi emas. Karena investasi ini sangat mudah diuangkan di saat Anda membutuhkan uang tunai untuk keperluan tertentu.

Perbedaan Emas UBS dan Antam

 Untuk berinvestasi dengan emas, ada beberapa pilihan emas batangan yang tersedia di pasaran saat ini. Beberapa diantaranya yaitu emas ANTAM dan UBS.

Logam mulia atau emas ANTAM merupakan salah satu produsen emas terpercaya yang dimiliki oleh PT  Aneka Tambang yang berdiri sejak tahun 1968. Sedangkan emas UBS merupakan emas yang dikeluarkan oleh PT UBS atau PT Untung Bersama Sejahtera sebagai salah satu produsen terbesar logam mulia yang ada di Indonesia.

Sekilas memang hanya produsennya saja yang berbeda, tapi ternyata ada beberapa perbedaan lain antara kedua emas tersebut. Berikut ini merupakan perbedaan antara emas ANTAM dan emas UBS:

Kadar Emas

Karat merupakan sistem pengukuran tingkat kemurnian emas berdasarkan jumlah presentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Emas ANTAM dan UBS keduanya memiliki kadar yang sama yaitu 99.99%.

Baca juga  Manfaat Emas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sertifikat

Kode seri emas, logo, berat, dan segala informasi mengenai emas tertulis dalam sertifikat. Ini menandakan betapa pentingnya sertifikat ketika hendak membeli emas. Sertifikat juga berguna ketika Anda ingin menjual emas yang Anda miliki. Baik emas ANTAM maupun UBS akan memberikan sertifikat ketika Anda membeli emas batangan.

Produk

Produk ini merupakan satuan gram emas yang dimiliki ANTAM dan UBS. Emas ANTAM memiliki pilihat berat mulai dari 1, 2, 5, 10,25, 50, 100, 250, hingga 1000gr. Sedangkan emas UBS pilihan yang tersedia yaitu mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, hingga 100gr.

Dimensi Emas

Dimensi emas ini merupakan ukuran emas dengan berat yang sama. Emas ANTAM memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan emas UBS.

Waktu Pemesanan

Untuk memesan emas ANTAM, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan. Sementara emas UBS waktu pemesanannya relatif lebih singkat.

 

Setelah mengetahui beberapa perbedaan antara kedua merek emas tersebut, tentu Anda bisa memilih salah satu atau keduanya untuk investasi Anda. Selain bisa dibeli di PT ANTAM atau PT UBS itu sendiri, Anda juga bisa memiliki kedua emas tersebut dengan mudah, yaitu di Pegadaian.

Pegadaian selain menjadi lembaga keuangan, juga sebagai tempat bagi Anda yang ingin berinvestasi emas. Baik emas ANTAM maupun UBS, keduanya tersedia di Pegadaian. Pilihan investasi emas yang ada di Pegadaian, yaitu:

  1. Investasi Emas Melalui Produk Mulia

Pegadaian memiliki beberapa alternatif investasi untuk Anda melalui layanan investasi emas Mulia. Pegadaian memberikan akses yang mudah bagi para nasabahnya untuk melakukan transaksi Mulai Tunai karena tersedia di lebih dari 629 outlet Pegadaian Galeri 24.

Mulia yang pertama yaitu Mulia Tunai sebagai layanan investasi emas batangan secara tunai. Pilihan investasi emas batangan pun bisa dimulai dari 1 gram. Namun, bagi Anda yang memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk memilih produk Mulia Tunai ini karena Anda bisa melakukan investasi emas sampai dengan 1 kilogram dan mendapatkan emas bersertifikat. Dengan layanan nasabah perorangan, syarat yang perlu Anda perhatikan saat ingin melakukan transaksi Mulia Tunai adalah memiliki kartu identitas yang berlaku (KTP/SIM/paspor) dan mendatangi outlet Pegadaian Galeri 24 dengan membayar nilai logam mulia yang akan dibeli.

Baca juga  Trend Harga Emas: Panduan Investasi Emas

Selain bisa dibeli secara tunai, Anda juga bisa membeli emas dengan sistem cicilan melalui Mulia Arisan dan Mulia Kolektif dengan memanfaatkan komunitas atau kelompok Anda. Kedua produk ini pembayarannya dalam bentuk angsuran yang melayani investor antar kelompok atau beberapa orang dengan jumlah anggota minimal 6 orang. Pilihan investasi emas pada kedua produk ini pun sama seperti Mulia Tunai, yang dimulai dari berat 1 gram hingga 1 kilogram.

Untuk Mulia Arisan, syaratnya Anda wajib memiliki perangkat identitas yang berlaku untuk masing-masing anggota. Nantinya, pembayaran uang muka bisa dimulai dari 10%. Selaku pilihan komunitas cerdas, penetapan harga dilakukan di awal arisan dan memiliki pilihan waktu pembiayaan yang fleksibel hingga 36 bulan.

Sedangkan untuk transaksi Mulia Kolektif, layanan emas batangan secara angsuran terbuka untuk komunitas dengan proses yang cepat dan mudah. Tiap-tiap anggota wajib menyerahkan bukti KTP atau kartu identitas lainnya yang berlaku serta menandatangani akad pembiayaan per orang. Untuk pembayaran Mulia Kolektif dimulai dari 20%. Pembayaran angsuran pun dapat dilakukan secara online, melalui ATM, atau di lebih dari 4.400 outlet Pegadaian.

  1. Tabungan Emas

Pegadaian memberi pilihan investasi lainnya melalui Tabungan Emas. Dengan uang mulai dari Rp 5.000an, kini Anda sudah bisa menabung emas batangan yang setara dengan 0.01 gram saat dikonversikan. Tabungan emas ini dikelola secara profesional dan transparan. Namun Anda baru bisa mencairkan Tabungan Emas Anda saat saldo emas sudah setara dengan berat 1 gram. Adapun syarat untuk bisa menabung emas di Pegadaian ini cukup ringan, yaitu menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi berupa KTP/SIM/paspor yang masih berlaku.

  1. Investasi Mudah dengan Emasku

Selain melalui layanan MULIA dan Tabungan Emas Anda juga bisa memanfaatkan layanan Emasku. Kini logam mulia 24 karat bisa Anda miliki dengan mudah, praktis, dan ekonomis karena hanya dengan uang muka mulai dari Rp 150.000, Anda dapat berinvestasi di layanan Emasku.

Baca juga  5 Cara Investasi Emas Batangan di Pegadaian

Untuk memperoleh emas murni 24 karat  beserta sertifikat, Anda hanya perlu menyertakan fotokopi KTP atau identitas diri yang masih berlaku serta memiliki paket layanan (mulai dari Rp 150.000 sampai dengan Rp 1.250.000). Pilihan emas yang tersedia melalui layanan ini mulai dari berat 1 sampai dengan 25 gram. Emas Anda juga bisa diangsur selama 12 kali dan pembayaran angsurannya bisa melalui Pegadaian atau pun bank.

Selain berinvestasi emas, produk Emasku juga memberikan keuntungan tambahan berupa perlindungan asuransi kecelakaan diri, meninggal dunia, dan cacat tetap karena kecelakaan. Anda juga bisa memperoleh biaya pertanggungan sampai dengan Rp 30.000.000 serta polis berbentuk voucher yang dapat diaktivasi melalui SMS.

 

Dilihat secara sekilas memang setiap jenis emas tampak sama, namun ternyata setiap emas memiliki perbedaan berdasarkan produsen yang membuatnya. Mengetahui masing-masing perbedaan emas yang dalam hal ini emas ANTAM dan UBS penting. Setelah Anda mengetahuinya, Anda bisa memilih emas yang sesuai dengan kenyamanan serta kebutuhan Anda.

Investasi emas juga tidak lagi sulit karena Pegadaian memberikan layanan investasi melalui beragam layanan yang dimilikinya yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan Anda. Selamat berinvestasi emas!