227858-original1-3u7hr-1024x778
Bagikan:

Kemilau emas telah mempesona para pecinta perhiasan dan seni di seluruh dunia semenjak ribuan tahun lalu. Terbukti dengan banyaknya aksesoris serta pahatan emas yang ditemukan di Peradaban Mesir serta Peradaban Indus. Bukan hanya memukau karena keindahannya, emas juga memiliki fungsi finansial yang sejak jaman dahulu kala. Bahkan kini, dimana uang menjadi alat tukar utama, emas masih dianggap sebagai logam dengan likuiditas tinggi dan dapat secara cepat ditukar dengan uang. Bahkan di dunia kedokteran gigi, rupanyaemas sudah digunakan sebagai material penambal gigi sejak ribuan tahun lamanya. Fungsi-fungsi emas tersebut pasti sudah sering Anda dengar.

Namun tahukah Anda, selain sebagai perhiasan dan investasi ternyata emas punya banyak fungsi lainnya. Masih banyak orang yang belum tahu tentang fungsi lain emas berikut ini.

1. NASA Melindungi Astronot dengan Menggunakan Emas

Helm astronot ditutupi oleh perakitan visor extravehicular. Visor ini dilapisi dengan lapisan tipis emas untuk menyaring sinar matahari yang berbahaya, menurut NASA. Suhu, udara, dan tekanan di luar angkasa sangat berbeda dengan Bumi. Maka dari itu elemen pakaian astronot harus dibuat dengan spesifikasi tertentu agar bisa melindungi astronot dari kondisi ekstrim. Helm astronaut memiliki kaca yang bagian depannya dilapisi emas transparan yang bisa memantulkan 60 persen cahaya matahari dan membuat mata tetap sejuk.

2. Emas Digunakan untuk Mengobati Arthritis

Arthritis adalah kelainan sendi yang juga melibatkan peradangan. Ternyata emas bisa digunakan untuk mengobati pasien dengan arthritis. Emas yang digunakan untuk pengobatan ini berbentuk garam emas. Garam emas ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan, kerusakan tulang dan mengurangi nyeri sendi dan kekakuan. Proses penyembuhan Arthritis dengan menggunakan emas termasuk proses yang lambat, pasien umumnya menerima 22 minggu suntikan emas sebelum merasakan kesembuhan.

3. Emas Ada di Perangkat Elektronik Anda

Emas adalah konduktor yang sangat efisien untuk listrik dan digunakan dalam perangkat elektronik yang terkini, termasuk ponsel. Emas terkandung dalam konektor, switch dan kontak relay yang memungkinkan ponsel untuk tetap bebas dari korosi. Anda bisa cek di handphoneAnda masing-masing. Di dalamnya pasti terdapat emas.

Baca juga  Inilah Investasi Emas Bagi Pemula

4. Emas Digunakan Sebagai Bumbu Dapur

Ternyata dahulu emas sudah sering dipakai sebagai bumbu dapur. Wow! Pada jaman dahulu di India, emas dicampurkan dengan makanan agar terlihat lebih menarik. Jaman sekarang emas menjadi bahan yang dapat membuat harga makanan jadi melonjak mahal. Emas yang digunakan dalam makanan mewah biasa disebut gold leaf. Emas asli dipukul-pukul dengan palu hingga menjadi lembaran yang sangat tipis, biasa digunakan untuk menyepuh patung atau pigura. Ada berbagai variasi karat dan warna, namun emas kuning 22 karat paling banyak digunakan.

Gold leaf asli mengandung 92% emas murni. Lembaran emas yang diberi label food-grade dapat digunakan sebagai dekorasi makanan dan minuman yang tidak beracun. Bagaimanapun juga, daun, serbuk, atau bubuk emas sekadar aman dikonsumsi, namun tidak mengandung nutrisi apapun dan tidak berpengaruh bagi kesehatan. Umumnya, benda mewah ini digunakan untuk memberi kesan mahal atau menaikkan nilai jual. Salah satu contohnya adalah Frozen Haute Chocolate yang diijual dengan harga 25 ribu dolar atau setara dengan Rp 335 juta. Spektakuler bukan? Bayangkan seberapa banyak batangan emas yang bisa Anda dapat di Tabungan Emas Pegadaian dengan uang sebanyak itu.

Hidangan penutup satu ini masuk dalam daftar makanan termahal Guinness Book of World Records. Rupanya makanan mahal ini terbuat dari 28 macam jenis coklat serta truffle yang bernilai Rp 35 juta. Dessert mewah ini dihidangkan dengan taburan emas dan tak ketinggalan pula gelang emas. Selain itu hidangan ini disajikan dengan gelas dan sendok yang buat dari emas.

Anda tertarik membeli makanan emas ini? Atau Anda lebih tertarik untuk menabung emas di Pegadaian?