cara jual emas agar tidak rugi
Bagikan:

Emas merupakan satu-satunya logam mulia berwarna kuning dan tidak pernah berkarat. Ratusan tahun lalu, emas digunakan sebagai alat tukar global. Lambat laun, fungsi tersebut digantikan oleh uang. Sementara itu, emas dimanfaatkan untuk membuat berbagai benda, antara lain perhiasan, gigi palsu, dan perawatan kecantikan. Bahkan, emas menjadi salah satu barang investasi yang bisa diperdagangkan.

Siapa pun boleh membeli emas, lalu menjualnya. Namun, Anda perlu mengetahui cara jual emas agar tidak rugi. Berikut ini tersedia 5 tips yang bisa dilakukan sebelum melego emas.

Menyertakan Surat Pembelian Emas

Umumnya, surat pembelian emas berbentuk nota resmi dari toko. Karena ukurannya kecil, sebaiknya berhati-hati saat menyimpannya. Jangan sampai tercecer atau jatuh dari tempatnya. Pasalnya, surat tersebut merupakan bukti keaslian emas sehingga bisa menaikkan harga jualnya.

Mengenali Kadar Emas dan Harga Jualnya

Kadar emas adalah karat. Nilai jual emas tergantung besar karat dan beratnya. Harga jual emas 24 karat tentu berbeda dengan 18 karat. Biasanya, nilai jual emas 24 karat lebih mahal. Pastikan nominal uang yang Anda terima sesuai dengan takaran emas. Mengenai hal ini, Rasulullah SAW bersabda :

“Emas ditukar dengan emas, perak ditukar dengan perak, gandum ditukar dengan gandum, dan sya’ir (gandum) ditukar dengan sya’ir, kurma ditukar dengan kurma, garam ditukar dengan garam, dan haruslah sama ukuran dan takarannya serta tunai. Apabila jenisnya berbeda, ukurannya juga boleh berbeda dengan syarat tunai.” (HR. Muslim)

Selain itu, berat emas ikut menentukan harganya. Jadi, untuk mendapatkan keuntungan, pilih emas yang lebih dari 18 karat dan berkualitas.

Teliti Alat Penguji Keaslian Emas

Beberapa toko perhiasan umumnya memberikan syarat pengecekan emas. Ketika hal itu terjadi, Anda harus memperhatikan jenis alat yang digunakan. Biasanya, di pegadaian atau toko perhiasan yang jujur memakai avometer atau X-Ray Fluorescence. Namun jika pihak toko meminta emasnya digosok, sebaiknya hindari. Pasalnya, penggosokan tersebut bertujuan untuk mengurangi kadar emas.

Baca juga  Emas Batangan Punya Fakta dan Sejarah yang Mengejutkan

Mencari Tempat yang Tepat

Tidak semua toko perhiasan membeli emas dengan harga mahal. Tiap toko memiliki kriteria yang berbeda. Untuk itu, Anda harus memilih tempat yang sesuai. Pegadaian merupakan salah satu lokasi yang ideal. Biasanya, Pegadaian membeli emas dengan harga relatif mahal, sekitar 97% dari nilai jual di pasaran.

Selain Pegadaian, ada unit Antam dan butik emas di berbagai mal. Tempat-tempat ini bersedia memberikan 95% dari harga pasar. Khusus di Antam, Anda pun bisa membeli emas batangan yang kadarnya tinggi.

Menjual di Tempat Membeli Emas

Anda tidak menemukan toko atau tempat yang sesuai untuk menjual emas? Tenang saja, toko tempat membeli emas, umumnya bersedia menerimanya kembali. Namun, harganya lebih rendah dibandingkan saat Anda melakukan pembelian. Mungkin, nominal yang diterima hanya 70-80% dari harga beli.

Itulah 5 cara jual emas agar tidak rugi. Jika meniatkan pembelian emas untuk berbisnis, sebaiknya cari emas dengan mutu terbaik. Semoga bermanfaat.

Dapatkan emas terbaik melalui layanan Mulia Tunai dari Pegadaian.