Bagikan:

Anda memiliki emas batangan dan ingin menginvestaikannya? Atau Anda memiliki uang lebih dan ingin mencoba untuk menginvestasikannya dalam bentuk emas batangan?

Jika jawaban Anda “Iya,” maka keputusan Anda sudah sangat tepat!

Sebagai logam mulia yang memiliki pesona tersendiri bagi kebanyakan orang, emas memang memberikan beragam keuntungan bagi pemiliknya. Bagaimana tidak, harga emas yang tahan terhadap laju inflasi masih menjadikannya sebagai primadona untuk investasi jangka panjang.

Di Indonesia sendiri, emas masih menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih walaupun banyak instrumen investasi lain yang memberikan hasil lebih tinggi. Namun perlu Anda ketahui, senada dengan keuntungan tinggi yang diperoleh, risikonya juga tinggi karena tidak likuid seperti emas.

Investasi emas semakin populer dan diminati oleh banyak orang karena harganya yang stabil dan cenderung naik dari tahun ke tahun. Walaupun harga emas bisa saja pengalami penurunan, namun penurunan harga yang sangat kecil sangat jarang sekali terjadi. Hal inilah yang melatar belakangi mengapa emas menjadi sangat diminati oleh para investor khususnya mereka yang berminat pada investasi emas jenis batangan.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari investasi emas adalah sifatnya yang tidak tergantung terhadap kebijakan pemerintah, berbeda dengan rupiah yang tidak stabil dan sangat rentan terhadap kebijakan pemerintah. Selain itu, instrumen investasi emas juga terjamin karena setiap pembelian akan disertai dengan sertifikat yang mencakup nomor identitas, berat, kadar, dan ukuran dari emas tersebut.

Investasi Emas Batangan di Pegadaian

Investasi emas batangan memang menjadi investasi yang terbilang aman dan minim risiko untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa mendatang. Bagi Anda yang berniat untuk berinvestasi emas, Anda bisa menggunakan layanan maupun fasilitas yang diberikan oleh beberapa perusahaan, seperti contohnya layanan investasi emas di Pegadaian. Pegadaian sendiri telah menjadi salah satu tempat yang banyak didatangi oleh orang-orang untuk melakukan investasi. Bagi Anda yang ingin berinvestasi, berikut ini lima cara yang bisa dipilih untuk investasi emas batangan di Pegadaian:

1. Mulia Tunai
Merencanakan masa depan bukanlah perkara yang mudah dan alangkah baiknya jika dipersiapkan sedini mungkin. Banyak orang yang memilih untuk membeli emas batangan sebagai salah satu elemen perencanaan masa depannya. Salah satunya melalui produk Mulia Tunai dari Pegadaian yang membuat masa depan langsung berada di tangan Anda.

Baca juga  Strategi Kredit Emas Menguntungkan Bagi Pemula

Sebagai layanan investasi emas batangan secara tunai, Pegadaian memberikan akses yang mudah bagi para nasabahnya untuk melakukan transaksi Mulai Tunai karena tersedia di lebih dari 629 outlet Pegadaian Galeri 24.

Jika dana yang Anda miliki terbatas, pilihan investasi emas batangan pun bisa dimulai dari 1 gram. Namun, bagi Anda yang memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk memilih produk Mulia Tunai ini karena Anda bisa melakukan investasi emas sampai dengan 1 kilogram dan mendapatkan emas bersertifikat.

Dengan layanan nasabah perorangan, syarat yang perlu Anda perhatikan saat ingin melakukan transaski Mulia Tunai adalah memiliki kartu identitas yang berlaku (KTP/SIM/Paspor) dan mendatangai outlet Pegadaian Galeri 24 dengan membayar nilai logam mulia yang akan dibeli.

Anda juga memiliki peluang keuntungan investasi melalui Mulia Tunai dengan adanya sistem konsinyasi yang bebas biaya titipan, biaya asuransi, dan potensi margin atas barang konsinyanyi yang laku dijual oleh Pegadaian setelah adanya barang pengganti. Selain itu, pembelian kembalinya (buy back) juga dengan harga yang kompetitif sehingga peluang investasi semakin terbuka lebar.

2. Investasi Emas Batangan Secara Berkelompok: Mulia Arisan dan Kolektif
Jika investasi emas batangan secara individual masih dinilai cukup sulit, ada cara lain yaitu dengan memanfaatkan komunitas atau kelompok, di antaranya Mulia Arisan dan Mulia Kolektif.

Jika pada Mulia Tunai pembayarannya dilakukan secara tunai, maka pada dua produk ini pembayarannya dalam bentuk angsuran yang melayani investor antar kelompok atau beberapa orang dengan jumlah anggota minimal 6 orang. Pilihan investasi emas pada kedua produk ini pun sama seperti Mulia Tunai, yang dimulai dari berat 1 gram hingga 1 kilogram.

Untuk Mulia Arisan, syaratnya Anda wajib memiliki perangkat identitas yang berlaku untuk masing-masing n anggota. Nantinya, pembayaran uang muka bisa dimulai dari 10%. Selaku pilihan komunitas cerdas, penetapan harga dilakukan di awal arisan dan memiliki pilihan waktu pembiayaan yang fleksibel hingga 36 bulan. Pembayaran angsuran pun dapat dilakukan secara online, melalui ATM, atau di lebih dari 4.400 outlet Pegadaian.

Baca juga  Pilih Beli Emas atau Gadget Baru?

Sedangkan untuk transaksi Mulia Kolektif, layanan emas batangan secara angsuran terbuka untuk komunitas dengan proses yang cepat dan mudah. Tiap-tiap anggota wajib menyerahkan bukti KTP atau kartu identitas lainnya yang berlaku serta menandatangai akad pembiayaan per orang. Jika Mulia Arisan melakukan pembayaran uang muka mulai dari 10%, maka untuk Mulia Kolektif pembayarannya dimulai dari 20%. Masing-masing anggota pun bisa menentukan pilihan keping emas dan memiliki buy back yang kompetitif. Masa depan bersama pun menjadi lebih pasti berkat adanya pilihan investasi emas batangan Mulia Kolektif ini.

3. Tabungan Emas
Memiliki emas tidaklah sulit asal ada kemauan. Cara mudah memiliki emas lainnya yang juga ditawarkan oleh Pegadaian adalah Tabungan Emas, sebagai layanan penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan.

Tabungan Emas di sini bukan berarti Anda menyetorkan emas untuk ditabungkan, melainkan Anda menyetor dalam bentuk uang dan uang tersebut akan dikonversi ke dalam bentuk gram emas. Dengan uang sebesar Rp 5.000, kini Anda sudah bisa menabung emas batangan yang setara dengan 0.01 gram saat dikonversikan. Dikelola secara profesional dan transparan, nasabah baru bisa mencairkan saldo Tabungan Emasnya saat saldo emas setara dengan berat 1 gram.

Adapun syarat untuk bisa menabung emas di Pegadaian ini cukup ringan, yaitu menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.

Tabungan Emas di Pegadaian juga menyediakan layanan E-channels yang disediakan untuk memberikan kemudahan bagi setiap nasabah untuk menabung emas di mana saja dan kapan saja. Failitas E-channels ini meliputi ATM Bank, Internet Banking dan outlet Pegadaian.

4. Konsinyasi Emas
Apakah Anda tahu bahwa emas yang Anda miliki ternyata juga bisa menghasilkan uang? Anda bisa melakukannya lewat produk Konsinyasi Emas di Pegadaian.

Konsinyasi Emas memiliki skema investasi yang memanfaatkan emas yang Anda miliki menjadi sesuatu yang menghasilkan dengan cara titip jual. Emas yang Anda titipkan di Pegadaian akan dijual kembali, lalu pihak Pegadaian akan memesan kembali emas pengganti dengan kadar dan berat yang sama sehingga emas yang Anda miliki tetap utuh. Nantinya, keuntungan dari hasil pejualan emas batangan diberikan kepada nasabah sehingga emas yang dimiliki jadi lebih produktif.

Baca juga  Menabung Emas untuk Dana Pensiun? Mengapa Tidak?

Keunggulannya, sistem Konsinyasi Emas dikelola secara profesional dan transparan, yang mana aset emas Anda akan aman dan diasuransikan. Selain itu, emas yang dijual akan menghasilkan keuntungan yang kompetitif. Emas Anda tetap utuh dan untung yang didapat pun menjadi berlipat.

Anda pun hanya cukup menyerahkan fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya yang masih berlaku untuk ikut serta dalam Konsinyasi Emas.

5. Investasi Mudah dengan Emasku
Selain 4 cara di atas, yang bisa Anda lakukan untuk investasi emas batangan di Pegadaian adalah dengan memanfaatkan layanan Emasku. Kini logam mulia 24 karat bisa Anda miliki dengan mudah, praktis, dan ekonomis karena hanya dengan uang muka mulai dari Rp 150.000, Anda dapat berinvestasi di layanan Emasku.

Dengan menyertakan fotokopi KTP atau identitas diri yang masih berlaku serta memiliki paket layanan (mulai dari Rp 150.000 sampai dengan Rp 1.250.000), Anda akan memperoleh emas murni 24 karat bersertifikat mulai dari berat 1 sampai dengan 25 gram. Nantinya emas bisa diangsir selama 12 kali dan pembayaran angsurannya bisa melalui Pegadaian atau bank.

Selain berinvestasi emas, produk Emasku juga memberikan keuntungan tambahan berupa perlindungan asurasni kecelakaan diri, meninggal dunia, dan cacat tetap karena kecelakaan. Nantinya nasabah bisa memperoleh biaya pertanggungan sampai dengan Rp 30.000.000 serta polis berbentuk voucher yang dapat diaktivasi melalui SMS. Jadi, Emasku akan memberikan investasi semudah yang Anda bayangkan.

Investasi emas batangan memang terbilang menjanjikan dan aman untuk kebutuhan masa depan Anda. Sebagai aset investasi, emas juga sangat likuid untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak. Maka tak heran walaupun banyak instrumen investasi yang tersedia, emas masih menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang. Jenis investasi ini juga menjadi salah satu instrumen yang mudah dilakukank karena Anda tidak selalu dituntut untuk memiliki dana yang besar untuk mulai berinvestasi.

Bagi Anda yang ingin memulai investasi emas batangan, semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda menentukan mana investasi terbaik yang cocok dengan Anda. Pastikan cara yang Anda pilih tersebut sesuai dengan tujuan, kebutuhan, dan kemampuan Anda. Selamat berinvestasi!