film tentang emas
Bagikan:

Emas, logam mulia yang selalu menjadi incaran masyarakat, baik sebagai perhiasan maupun investasi. Ternyata, topik tentang emas juga menginspirasi para pekerja seni untuk mengangkatnya ke dalam layar lebar. Nah, empat film tentang emas berikut bisa menjadi tontonan alternatif untuk mengisi waktu senggang. Apa saja, sih? Yuk, disimak!

 

  • Gold (2016)

 

Kenny Wells yang diperankan oleh Matthew McConaughey merupakan pebisnis gagal yang mencoba peruntungan dalam berburu emas. Tidak tanggung-tanggung, eksplorasi akan dilakukan di hutan Kalimantan. Bersama ahli geologi bernama Michael Acosta, diperankan oleh Edgar Ramirez, Wells berpetualang di belantara hutan demi menambang logam mulia tersebut.

Terinspirasi dari kisah nyata, Gold disutradarai oleh Stephen Gaghan. Meskipun berlatar di Indonesia, syuting dilakukan di New York, Meksiko, dan Thailand. Film tersebut akan dirilis pada 25 Desember 2016 untuk mengisi liburan Natal.

 

 

  • Fool’s Gold (2008)

 

Fool’s Gold dibintangi oleh Matthew McConaughey sebagai Finn dan Kate Hudson sebagai Tess. Bergenre petualangan-romantis, film menceritakan tentang Finn yang terobsesi ingin menemukan harta karun peninggalan tentara Spanyol. Harta yang terdiri dari emas dan perak itu tenggelam di lautan sejak tahun 1715.

Kesibukan Finn dalam mencari petunjuk harta karun membuat hubungannya dengan Tess merenggang. Tess bahkan berencana menceraikan Finn. Namun, hubungan mereka membaik tatkala Tess akhirnya ikut berpetualang dalam pelayaran tersebut. Tidak disangka, kelompok mafia yang meminjamkan uang pada Finn turut mencari harta karun.

Andy Tennant menyutradarai film yang berdurasi selama 113 menit itu. Dirilis pada Februari 2008, Fool’s Gold meraih peringkat pertama box office.

 

 

  • Gold (1974)

 

Diangkat dari novel Gold Mine karya Wilbur Smith, Gold dibintangi oleh Roger Moore dan Susannah York. Moore berperan sebagai Rod Slater, manajer dari sebuah pertambangan emas di Afrika Selatan. Dia diperintahkan oleh bosnya, Steyner (Bradford Dillman), untuk menggali bendungan bawah tanah yang konon menyimpan bongkahan emas yang berlimpah.

Baca juga  Manfaat Perhiasan Emas yang Jarang Orang Tahu

Selama melakukan misinya itu, Slater mulai jatuh cinta pada Terry, istrinya Teyner. Kisah dibumbui intrik-intrik yang berujung pada peristiwa pembunuhan.

Film dirilis pada September 1974 dan berdurasi selama 120 menit. Peter R. Hunt selaku sutradara berhasil membuat film tersebut menuai banyak pujian pada masanya.

 

 

  • The Treasure of The Sierra Madre (1948)

 

Meskipun dirilis sejak lebih dari setengah abad yang lalu, tapi The Treasure of The Sierra Madre masuk ke dalam daftar film berperingkat terbaik di IMDb. John Huston berhasil meraih piala Oscar atas pencapaiannya menyutradarai film tersebut.

Humphrey Bogart berperan sebagai Dobbs dan Tim Holt sebagai Curtin. Mereka merupakan dua pria Amerika yang mencari pekerjaan di Meksiko, berusaha meyakinkan Howard untuk melibatkan mereka dalam pertambangan emas di Gunung Sierra Madre. Berhasil meraih kepercayaan, dua pria itu pun menuju lokasi dan harus bertahan dari serangan bandit-bandit. Aksi penggalian emas diwarnai pertarungan dan peristiwa pembunuhan.

 

Petualangan, intrik, dan romansa, mewarnai jalan cerita film tentang emas. Sayang sekali bila dilewatkan sebagai hiburan di akhir pekan.