Syarat & Kondisi

Melalui situs web ini dan aplikasi mobile dan situs web, PT. Pegadaian (Persero). (Perusahaan pemilik aplikasi Sahabat Pegadaian), memberikan akses ke perangkat lunak dan layanan (secara bersama-sama, “Layanan”) yang mengizinkan Pelanggan (yang didefinisikan di bawah) untuk menggunakan aplikasi untuk tujuan mencari referral. Layanan juga termasuk informasi dan interaktivitas lainnya, seperti informasi dan iklan promosi dari PT Pegadaian (Persero), dan kemampuan untuk mempostingkan komentar.

Di dalam Syarat-syarat Layanan ini, “Pelanggan”, “pengguna” atau “Anda” berarti siapapun yang menggunakan Layanan, baik dengan menjelajah situs web atau aplikasi mobile milik PT. Pegadaian (Persero) atau berpartisipasi dalam aktivitas lain yang tersedia melalui Layanan tersebut. Syarat-syarat Layanan ini (“Syarat-syarat Layanan” atau “Perjanjian”) mencakup syarat dan ketentuan yang berlaku pada penggunaan situs web ini di mana PT. Pegadaian (Persero) memberikan layanan kepada Pelanggan.

BACALAH PERJANJIAN INI DENGAN CERMAT. DENGAN MENGGUNAKAN SITUS WEB INI (SELAIN MEMBACA PERJANJIAN INI UNTUK PERTAMA KALI), DENGAN MENUNJUKKAN PENERIMAAN PERJANJIAN INI, TERLIBAT DALAM HADIAH PROGRAM YANG DIOPERASIKAN APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN, ATAU PUN MENGGUNAKAN LAYANAN, ATAU DENGAN MENGUNDUH APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN, ANDA MENGADAKAN PERJANJIAN INI DENGAN APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN DAN SETUJU UNTUK MEMATUHI SEMUA SYARAT LAYANAN DALAM PERJANJIAN INI. PERJANJIAN INI ADALAH PERJANJIAN YANG MENGIKAT SECARA HUKUM.

Jika Anda tidak setuju dengan syarat dan ketentuan ini, Anda tidak boleh menggunakan Layanan atau situs web ini, atau mengunduh atau menggunakan Aplikasi Sahabat Pegadaian. Batal apabila dilarang.

    1. Pendaftaran. Agar dapat menggunakan Layanan, Anda harus membuat sebuah akun dan mendaftar ke kami (“Akun”) – menggunakan Facebook Login atau Google+ login atau Twitter Login atau mengisi form secara langsung di Aplikasi Sahabat Pegadaian pada tahap awal. Jika Anda mendaftar sebagai Pelanggan atau pun menggunakan Layanan, Anda menyatakan dan menjamin kepada PT. Pegadaian (Persero) bahwa: (i) Anda sudah memasuki usia yang sah sesuai hukum untuk mengadakan sebuah kontrak yang mengikat; (ii) Anda akan memberikan informasi pendaftaran yang akurat, terkini dan lengkap kepada Aplikasi Sahabat Pegadaian; (iii) pendaftaran Anda dan penggunaan layanan oleh Anda tidak dilarang sesuai hukum; dan (iv) semua pendaftaran tersebut menggunakan sebuah Identitas yaitu ID Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah dan alamat email aktual yang Anda miliki dan operasikan. Aplikasi Sahabat Pegadaian berhak untuk menangguhkan atau mengakhiri pendaftaran Anda, atau akses Anda kepada layanan, apabila Anda melanggar ketentuan Perjanjian ini. Anda bertanggungjawab atas pendaftaran Anda sendiri dan semua penggunaan Layanan berdasarkan pendaftaran tersebut. Anda tidak boleh berbagi kata sandi Anda atau menggunakan layanan menggunakan pendaftaran pihak ketiga. Pendaftaran Anda, dan Perjanjian ini, bersifat pribadi bagi Anda, dan tidak boleh Anda alihkan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Aplikasi Sahabat Pegadaian. Anda lebih lanjut menyatakan bahwa Anda akan membuat dan/atau menggunakan hanya satu akun, dan oleh karena itu berhak atas manfaat dari hanya satu keanggotaan Aplikasi Sahabat Pegadaian ketika menggunakan Layanan atau Program(-program) Hadiah. Pembuatan akun(-akun) tambahan dianggap merupakan sebuah pelanggaran terhadap Perjanjian ini. Pelanggaran-pelanggaran semacam ini dapat mengakibatkan biaya dan penalti apabila dianggap tepat oleh Aplikasi Sahabat Pegadaian untuk memperbaiki penggunaan yang curang ini, termasuk pengakhiran segera akun(-akun) Aplikasi Sahabat Pegadaian Anda. Dengan mendaftarkan diri pada Aplikasi Sahabat Pegadaian, Anda dengan ini setuju atas semua biaya dan penalti yang boleh jadi berlaku pada akun Anda apabila Aplikasi Sahabat Pegadaian menganggap penggunaan layanan oleh Anda sebagai sebuah pelanggaran terhadap Perjanjian ini, atau pun berlawanan dengan tujuan yang diinginkan atau kepentingan Layanan atau Program(-program) Hadiah. Apabila pelanggaran-pelanggaran tersebut tidak dapat diperbaiki dengan biaya dan penalti (sebagaimana ditentukan oleh PT. Pegadaian (Persero)), atau apabila Anda mencoba mendaftar akun(-akun) tambahan setelah akun Anda diakhiri, Aplikasi Sahabat Pegadaian berhak untuk menagih tiga kali lipat kerugian terkait dengan tiap pelanggaran. Anda setuju untuk menanggung kerugian likuidasi dan tidak boleh mempersoalkan angka tersebut dalam proses arbitrasi (sebagaimana dinyatakan di dalam Sub 13).
    2. Materi Hak Milik dan Kepemilikan. Layanan dan situs web Aplikasi Sahabat Pegadaian dan aplikasi online adalah milik dari PT. Pegadaian (Persero) Tanpa membatasi penjelasan yang disebutkan di atas, semua teks, gambar, suara, musik, video, merek, logo, kompilasi (berarti koleksi, susunan dan kumpulan informasi) dan konten lainnya di situs web ini selain dari Konten Pengguna sebagaimana didefinisikan di bawah (secara bersama-sama, “Konten Situs”), dan semua perangkat lunak yang terdapat di dalam situs web Aplikasi Sahabat Pegadaian atau aplikasi mobile atau pun yang digunakan oleh Aplikasi Sahabat Pegadaian untuk memberikan layanan (“Perangkat Lunak”), adalah hak milik kami atau pihak ketiga (yang diberikan apabila diminta) dan dilindungi oleh undang-undang hak cipta dan kekayaan intelektual lainnya. Kecuali secara tegas diizinkan oleh Perjanjian ini, setiap penggunaan, eksploitasi, penyalinan, pembuatan pekerjaan derivatif, pengiriman, pemostingan, penautan, penautan dalam, pendistribusian kembali, penjualan, dekompilasi, modifikasi, rekayasa balik, penerjemahan atau pembongkaran perangkat lunak atau Konten Situs adalah dilarang. Anda dapat dikenai penalti pidana atau perdata karena pelanggaran terhadap paragraf ini. Merek “Sahabat Pegadaian” dan logo masing-masing merupakan merek dagang terdaftar atau tidak terdaftar dari PT. Pegadaian (Persero) dan tidak boleh digunakan dalam kaitannya dengan layanan atau produk selain yang disediakan oleh Aplikasi Sahabat Pegadaian dengan cara apapun yang mungkin menyebabkan kebingungan di kalangan pelanggan, atau dengan cara yang meremehkan atau mendiskreditkan PT. Pegadaian (Persero). Layanan ini juga memiliki fitur merek dagang, merek layanan, dan logo Klien dan pihak ketiga lainnya, dan tiap pemilik mempunyai semua hak atas merek tersebut. Penggunaan merek tersebut, atau yang ditampilkan dalam layanan lainnya, akan diberlakukan semata-mata untuk kepentingan penyediaan barang untuk hadiah saja.
    3. Lisensi Menggunakan Layanan. Aplikasi Sahabat Pegadaian memberi kewenangan kepada Anda untuk mengakses, melihat dan menggunakan Konten Situs dan Perangkat Lunak (secara bersama-sama, “Properti Aplikasi Sahabat Pegadaian”) hanya sejauh yang diperlukan agar Anda dapat menggunakan Layanan. Anda tidak boleh menghapus hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya yang telah diberikan pada Properti Aplikasi Sahabat Pegadaian. Kecuali secara tegas diizinkan oleh Perjanjian ini, modifikasi, produksi ulang, pendistribusian kembali, publikasi ulang, pengunggahan, pemostingan, pengiriman, distribusi atau mengeksploitasi dengan cara apapun Properti Aplikasi Sahabat Pegadaian, atau sebagian dari Properti Aplikasi Sahabat Pegadaian, sangat dilarang tanpa izin tertulis sebelumnya dari PT Pegadaian (Persero). Anda setuju, dan menyatakan dan menjamin, bahwa penggunaan oleh Anda Layanan dan Properti Aplikasi Sahabat Pegadaian, atau sebagian dari Layanan dan Properti tersebut, akan konsisten dengan lisensi, ketentuan dan pembatasan di atas dan tidak akan menyalahi atau melanggar hak-hak pihak lainnya atau melanggar kontrak atau tugas legal kepada pihak lainnya. Selain itu, Anda setuju bahwa Anda akan mematuhi semua undang-undang, peraturan dan ordonansi yang berlaku terkait dengan Layanan, Properti Aplikasi Sahabat Pegadaian atau penggunaannya oleh Anda, dan bahwa dalam menggunakan Layanan Anda tidak akan terlibat dalam perbuatan yang membatasi atau menghambat orang lain dari menggunakan atau menikmati Layanan. Anda bertanggung jawab untuk memperoleh dan memelihara komputer, smartphone dan peralatan lainnya yang Anda gunakan untuk mengakses Layanan, dan untuk membayar peralatan tersebut dan biaya telekomunikasi. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang Anda alami yang timbul dari kerusakan peralatan yang digunakan sehubungan dengan penggunaan Layanan.
    4. Syarat-syarat Layanan.
      1. Sebuah akun akan dibuka untuk Anda secara otomatis pada saat pendaftaran dalam Aplikasi Sahabat Pegadaian. Status akun Anda akan diproses selama 1 x 24 dari proses pendaftaran, Pemberitahuan tentang approval akan dikirim lewat notifikasi pada smartphone dan dapat diperiksa secara on-line kapan saja dari dalam Aplikasi Sahabat Pegadaian.
      2. Seseorang hanya dapat membuka satu akun Aplikasi Sahabat Pegadaian. Apabila seseorang mencoba membuka beberapa akun, maka dapat mengakibatkan penangguhan semua akun dan hadiah mereka.
      3. Hadiah Aplikasi Sahabat Pegadaian, status dan jenis-jenis Hadiah akan diberikan sebagaimana dijelaskan di dalam aplikasi.
      4. Aplikasi Sahabat Pegadaian memberikan hadiah dalam bentuk poin apabila referral melakukan transaksi produk pembiayaan di outlet Pegadaian di seluruh Indonesia.
      5. Poin dapat diperoleh dengan :
        1. Saat melakukan pendaftaran dan terbentuk satu akun maka :
          • Apabila tanpa memasukkan kode Referral akan mendapat 50 (lima puluh) poin.
          • Apabila memasukkan kode Referral akan mendapat 100 (seratus) poin.
        2. Setiap mengajak referral kemudian melakukan transaksi di outlet Pegadaian di hari berikutnya dengan nilai transaksi :
          • Rp 500.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,- akan mendapatkan 50 poin.
          • > Rp 1.000.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,- akan mendapatkan 100 poin.
          • > Rp 5.000.000,- sampai dengan Rp 10.000.000,- akan mendapatkan 150 poin.
          • > Rp 10.000.000,- sampai dengan Rp 15.000.000,- akan mendapatkan 200 poin
          • > Rp 15.000.000,- sampai dengan Rp 20.000.000,- akan mendapatkan 250 poin.
          • > Rp 20.000.000,-  akan mendapatkan 300 poin.
      6. Poin dapat ditukar dengan hadiah apabila sudah terkumpul minimal 300 (tiga ratus) poin dan memilih sesuai dengan kelompok hadiah yang sudah ditentukan.
      7. Penebusan hadiah harus dilakukan di dalam Aplikasi Sahabat Pegadaian. Anda dapat diminta untuk mengonfirmasi dan memasukkan informasi tentang domisili/ alamat Anda dalam rangka menebus Hadiah.
      8. Jika Anda mempunyai pertanyaan terkait dengan Hadiah, akun atau Aplikasi Sahabat Pegadaian Anda, Anda dapat menggunakan fitur kirim pertanyaan di dalam aplikasi untuk menghubungi kami atau email ke sahabatpegadaian@gmail.com.
      9. Aplikasi Sahabat Pegadaian dan perusahaan induknya, PT. Pegadaian (Persero) berhak untuk mengubah Program Hadiah dan opsi penebusan Hadiah dan akan memberi tahu Anda mengenai perubahan-perubahan di dalam Aplikasi Sahabat Pegadaian melalui pemberitahuan setidaknya 1 hari sebelumnya.
      10. Aplikasi Sahabat Pegadaian berhak untuk memutuskan siapa yang dapat menggunakan Aplikasi Sahabat Pegadaian.
      11. Aplikasi Sahabat Pegadaian dapat membekukan atau menghapus calon referral Anda setelah tiga bulan berturut-turut tidak ada aktivitas. Ini merupakan kebijakan Aplikasi Sahabat Pegadaian.
      12. Aplikasi Sahabat Pegadaian dapat membekukan atau menghapus akun Aplikasi Sahabat Pegadaian Anda jika dicurigai ada kecurangan dan/atau jika perolehan referral/ calon nasabah Anda terbukti dilakukan secara curang.

  1. Undian, Kontes & Promosi. Undian, kontes atau promosi lainnya (secara bersama-sama, “Promosi”) yang mungkin ditawarkan via Layanan dapat diatur melalui perangkat aturan yang terpisah yang mungkin mempunyai persyaratan-persyaratan kelayakan, seperti batas usia atau area geografi tertentu, syarat dan ketentuan yang mengatur Promosi, penggunaan Penyerahan, dan pengungkapan tentang bagaimana informasi pribadi Anda dapat digunakan. Anda bertanggung jawab untuk membaca aturan ini untuk menentukan apakah Anda ingin dan dapat dipilih untuk berpartisipasi, mendaftar dan/atau masuk atau tidak, dan untuk menentukan syarat dan ketentuan Promosi yang berlaku. Dengan berpartisipasi dalam sebuah Promosi, Anda harus mematuhi aturan resmi, dan Anda setuju untuk mematuhi dan menaati aturan tersebut.
  2. Tautan ke Situs Web Pihak Ketiga. Situs Web Aplikasi Sahabat Pegadaian menyediakan tautan ke situs web pihak ketiga. Situs tertaut tidak berada dalam pengawasan kami, dan kami tidak bertanggung jawab atas konten situs tertaut. Kami memberikan tautan ini hanya dalam rangka kenyamanan saja, dan sebuah tautan tidak berarti pengesahan dari, sponsor, atau afiliasi dengan situs tertaut dengan PT. Pegadaian (Persero). Anda mesti melakukan investigasi yang Anda rasa perlu atau tepat sebelum melakukan transaksi dengan pihak ketiga ini.
  3. Gagasan yang Disampaikan kepada PT. Pegadaian (Persero). PT. Pegadaian (Persero) senang mendengar masukan dari Anda dan menyambut komentar Anda mengenai Layanan. Jika Anda mengirimkan gagasan atau usulan untuk Layanan (“Komentar Layanan”), Komentar Layanan akan dianggap, dan akan tetap, menjadi milik Aplikasi Sahabat Pegadaian. Aplikasi Sahabat Pegadaian tidak dibebani kewajiban untuk menjaga kerahasiaan Komentar Layanan, dan Aplikasi Sahabat Pegadaian tidak akan bertanggung jawab atas penggunaan atau pengungkapan Komentar Layanan. Tanpa membatasi keterangan di atas, Aplikasi Sahabat Pegadaian akan berhak atas penggunaan tidak terbatas dan eksploitasi lainnya Komentar Layanan untuk tujuan apapun, baik komersial atau yang lainnya, melalui sarana apapun, dengan media apapun, tanpa kompensasi kepada penyedia, penulis, pembuat atau inventor Komentar Layanan.
  4. Pengecualian Jaminan dan Pembatasan Tanggung Jawab. PT. Pegadaian (Persero) tidak menjamin bahwa Layanan atau Properti Aplikasi Sahabat Pegadaian akan berjalan tanpa kesalahan atau tanpa ada gangguan. Aplikasi Sahabat Pegadaian dapat merehatkan atau menghentikan layanan kapan saja, dan pengguna mesti mengalami masa layanan tidak tersedia untuk update Layanan. Karena kami tidak mengendalikan keamanan Internet, atau jaringan lainnya yang Anda gunakan untuk mengakses situs web, Aplikasi Sahabat Pegadaian tidak bertanggung jawab atas keamanan informasi yang Anda pilih untuk berkomunikasi dengan Aplikasi Sahabat Pegadaian dan situs web pada saat sedang dikirimkan. Selain itu, Aplikasi Sahabat Pegadaian tidak bertanggung jawab atas data yang hilang selama transmisi. Perbaikan oleh Pelanggan sendiri, dan kewajiban Aplikasi Sahabat Pegadaian sendiri, atas pelanggaran terhadap Perjanjian ini atau karena sebab tindakan lainnya (atas pilihan Aplikasi Sahabat Pegadaian) untuk memperbaiki kegagalan atau untuk memberikan kredit kepada Pelanggan jumlah yang terutang sebagai Hadiah berdasarkan Program Hadiah. (Kontrak Pelanggan Perorangan dengan Aplikasi Sahabat Pegadaian dapat mencakup syarat-syarat perbaikan yang menggantikan syarat-syarat yang disebutkan di atas.). APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN SECARA TEGAS MENAFIKAN SETIAP DAN SEMUA JAMINAN, APAKAH TERSURAT ATAU TERSIRAT, TERMASUK: (I) SEMUA JAMINAN DAPAT DIPERDAGANGKAN, COCOK UNTUK TUJUAN KHUSUS, HAK, TANPA ADA PELANGGARAN, DAN DAN SEMUA JAMINAN YANG TIMBUL DARI KESEPAKATAN DAN PENGGUNAAN PERDAGANGAN; (II) BAHWA LAYANAN, INSENTIF DAN PROPERTI APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN AKAN MEMENUHI PERSYARATAN ANDA, AKAN SELALU TERSEDIA, DAPAT DIAKSES, TANPA GANGGUAN, TEPAT WAKTU, AMAN ATAU BEROPERASI TANPA KESALAHAN, (III) TERKAIT DENGAN HASIL YANG DAPAT DIPEROLEH DARI OPERASI, PENGGUNAAN ATAU EKSPLOITASI LAINNYA LAYANAN ATAU PROPERTI APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN, DAN (IV) TERKAIT DENGAN AKURASI ATAU KEANDALAN INFORMASI YANG DIPEROLEH DARI LAYANAN ATAU PROPERTI APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN. Saran atau informasi, apakah lisan atau tertulis, yang Anda peroleh dari Aplikasi Sahabat Pegadaian atau melalui Layanan tidak akan menghasilkan jaminan yang tidak dinyatakan secara tegas di sini. PADA KONDISI YANG BAGAIMANAPUN ANDA TIDAK BERHAK UNTUK MEMPEROLEH KEMBALI DARI APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN KERUGIAN SECARA TIDAK DISENGAJA, KONSEKUENSIAL, TIDAK LANGSUNG, PUNITIF ATAU KHUSUS (TERMASUK KERUGIAN KARENA KEHILANGAN BISNIS, KEHILANGAN KEUNTUNGAN ATAU KEHILANGAN PENGGUNAAN), APAKAH BERDASARKAN KONTRAK, PERBUATAN MELANGGAR HUKUM (TERMASUK KELALAIAN), KEWAJIBAN KETAT ATAU PUN YANG TIMBUL DARI ATAU TERKAIT DENGAN LAYANAN ATAU PROPERTI APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN, MESKIPUN APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN TELAH DIBERI TAHU ATAU MESTI TELAH MENGETAHUI KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT. KEWAJIBAN MAKSIMUM APLIKASI SAHABAT PEGADAIAN’ KEPADA ANDA ATAS KERUGIAN ATAU KEWAJIBAN YANG TIMBUL DALAM KAITANNYA DENGAN LAYANAN, APAKAH TIMBUL DALAM KONTRAK, PERBUATAN MELANGGAR HUKUM (TERMASUK KELALAIAN), KEWAJIBAN KETAT ATAU YANG LAINNYA, MERUPAKAN KREDIT SEBESAR JUMLAH TERUTANG. BEBERAPA JURISDIKSI TIDAK MEMBOLEHKAN PEMBATASAN ATAU PENGECUALIAN JAMINAN ATAU KEWAJIBAN ATAS JENIS KERUGIAN TERTENTU, DENGAN DEMIKIAN PEMBATASAN ATAU PENGECUALIAN DI ATAS BOLEH JADI TIDAK BERLAKU PADA DIRI ANDA.
  5. Arbitrasi. Perjanjian ini merupakan Perjanjian keseluruhan para pihak terkait dengan pokok masalah, dan menggantikan semua pernyataan tertulis dan lisan sebelumnya dan diskusi antara para pihak. Jika timbul masalah yang tidak dapat diselesaikan antara Anda dan PT. Pegadaian (Persero) secara musyawarah, Anda setuju bahwa semua ketidaksepakatan atau perselisihan tersebut yang melibatkan Program atau Perjanjian ini diselesaikan hanya melalui administrasi final dan mengikat oleh BADAN ARBITRASE NASIONAL INDONESIA (“BANI”), dan akan dilaksanakan di hadapan seorang arbiter tunggal sesuai dengan Aturan dan Prosedur yang berlaku yang ditetapkan oleh BANI. Anda setuju bahwa arbitrase akan diselenggarakan di Jakarta, atau di lokasi lain yang sama-sama disepakati oleh Anda dan Aplikasi Sahabat Pegadaian. Anda setuju bahwa arbiter akan memberlakukan hukum Republik Indonesia dan akan menghormati dan setuju dengan semua ketentuan pembatasan yang berlaku. Anda setuju bahwa, kecuali hukum melarangnya, maka tidak ada kewenangan untuk mengadakan arbitrase terhadap klaim berdasarkan persidangan atau pernyataan, dan arbitrase hanya akan memutuskan perselisihan antara Anda dan Aplikasi Sahabat Pegadaian. jika ada bagian dari klausul Arbitrase ini kemudian dianggap tidak sah sebagai sebuah masalah hukum, maka bagian-bagian lainnya dari sub ini tetap berlaku, dengan pengecualian bahasa persidahan yang dimaksud di sini, dalam hal demikian ini seluruh sub tersebut dianggap tidak sah.
  6. Penangguhan; Pengubahan dan Pengakhiran. Aplikasi Sahabat Pegadaian berhak untuk menangguhkan kata sandi dan/atau akses Anda kepada Layanan kapan saja jika Aplikasi Sahabat Pegadaian yakin bahwa Anda melanggar Perjanjian ini. Aplikasi Sahabat Pegadaian berhak untuk mengakhiri atau mengubah Perjanjian ini, mengakhiri Layanan atau mengubah fitur-fitur atau aspek-aspek Layanan, atau mengubah kebijakannya kapan saja, dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Anda. Pengakhiran tersebut tidak akan mempengaruhi Insentif yang Anda peroleh sebelum pengakhiran. Jika Anda memperoleh Insentif atau menggunakan Layanan, Anda diikat oleh versi Perjanjian yang berlaku pada saat Anda membeli. Jika kami melakukan perubahan yang mempengaruhi secara material penggunaan oleh Anda Program atau Layanan, kami akan memposting sebuah pemberitahuan perubahan di situs web Aplikasi Sahabat Pegadaian. Anda berkewajiban untuk mengulas versi terbaru dari Perjanjian ini dan kebijakan Aplikasi Sahabat Pegadaian lainnya yang telah diterbitkan sebelum menggunakan Layanan. Sub 2, 3, 5, 7-12, 14 dan 15, hak-hak yang timbul dan perbaikan yang disebutkan di sini, dan ketentuan-ketentuan lainnya yang berdasarkan sifatnya mengharuskan tetap berlaku agar efektif, tetap berlaku meskipun Perjanjian ini diakhiri atau berakhir.
  7. Keadaan Kahar (Force Majeure). Pada kondisi yang bagaimanapun Aplikasi Sahabat Pegadaian tidak bertanggung jawab atas kegagalan mematuhi Perjanjian ini sejauh kegagalan tersebut timbul dari faktor-faktor di luar pengendalian wajar Aplikasi Sahabat Pegadaian.
  8. Penerima Manfaat Pihak Ketiga. Ketentuan-ketentuan dari Perjanjian ini dibuat untuk kemaslahatan Aplikasi Sahabat Pegadaian. Kecuali sebagaimana dinyatakan dalam kalimat sebelumnya, tidak ada penerima pihak ketiga di dalam Perjanjian ini.
  9. Ketentuan-ketentuan Lain. Keterlambatan atau kelalaian Aplikasi Sahabat Pegadaian dalam melaksanakan hak-haknya yang terjadi karena ketidakpatuhan atau wanprestasi oleh diri Anda terkait dengan syarat dan ketentuan Perjanjian ini tidak akan mengurangi hak tersebut atau ditafsirkan sebagai pengesampingan dalam Perjanjian ini, dan pengesampingan oleh Aplikasi Sahabat Pegadaian terkait dengan ketentuan, kondisi atau Perjanjian yang akan dilakukan oleh Anda tidak akan ditafsirkan sebagai pengesampingan pelanggaran berikutnya atau ketentuan, kondisi atau Perjanjian lainnya yang terdapat dalam Perjanjian ini. Sebagaimana digunakan dalam Perjanjian ini, “termasuk” berarti “termasuk tetapi tidak terbatas pada”. Jika ada ketentuan dari Perjanjian ini dinyatakan oleh pengadilan yang kompeten sebagai tidak sah atau tidak dapat diberlakukan, maka Perjanjian ini akan tetap berlaku penuh dan akan diubah agar sah dan dapat diberlakukan dengan tetap mencerminkan keinginan dari para pihak sejauh diizinkan oleh hukum. Kecuali apabila secara tegas dinyatakan di sini, Perjanjian ini mencakup Perjanjian keseluruhan antara Anda dan Aplikasi Sahabat Pegadaian terkait dengan pokok masalah, dan menggantikan semua janji sebelumnya, Perjanjian atau pernyataan, apakah tertulis atau lisan, terkait dengan pokok masalah tersebut. Anda tidak boleh memindahkan atau mengalihkan Perjanjian ini atau hak atau kewajiban di dalam Perjanjian ini kepada pihak ketiga. Perjanjian ini dapat ditandatangani secara elektronik, dan persetujuan secara elektronik atau penggunaan Layanan oleh Anda merupakan penandatanganan Perjanjian ini. Anda setuju bahwa teks elektronik dari Perjanjian ini adalah secara tertulis dan persetujuan Anda kepada syarat dan ketentuan dalam Perjanjian ini merupakan sebuah “penandatanganan” untuk semua maksud. Jika ada ketentuan dari Perjanjian ini dinyatakan tidak sah oleh pengadilan yang kompeten, maka ketidaksahan tersebut tidak mempengaruhi keberlakuan dari ketentuan-ketentuan lainnya yang tercantum dalam Perjanjian ini, dan bagian-bagian lainnya dari Perjanjian ini tetap berlaku penuh. Anda setuju untuk bertindak yang sesuai dengan ketentuan dan semangat dari Perjanjian ini dan syarat-syarat Program Kesetiaan, dan Anda memahami bahwa apabila Anda tidak melaksanakannya, maka dapat mengakibatkan akun Aplikasi Sahabat Pegadaian Anda segera dihapus.
  10. Pilihan Hukum. Perselisihan yang timbul dari atau terkait dengan Perjanjian ini dan/atau Program yang diatur sesuai hukum Republik Indonesia, tanpa mempertimbangkan pilihan aturan hukumnya dan tanpa mempertimbangkan pertentangan pada prinsip-prinsip hukum undang-undang.